Senin, 25 Desember 2017

Bukti cintaku untuk KAMU, Anakku!


Masih sangat jelas terekam dalam ingatan bagaimana perasaanku saat melihat 2 garis merah saat itu. Dan mulai saat itu pula perasaan cintaku untuknya berawal.  Aku bahagia karena akan melihat dan memilikinya, bangga karena dipilih Allah untuk ditakdirkan menjadi ibunya, takut karena aku tidak yakin akan menjadi ibu yang sempurna untuknya, cemas karena harus selalu memastikan kondisinya selalu baik-baik saja. belum melihat wajahnya saja aku sudah sebegitu sangat jatuh cinta padanya. Tidak pernah aku merasakan perasaan seperti ini bahkan dengan ayahmu, nak. Kepentingan diatas kepentingan, Cinta diatas cinta, itu untuk kamu.❤ ❤ 


Itu tadi sedikit ungkapan cintaku untuk anakku Kyara nada Quinsyah yang saat ini sudah berusia 3 tahun. Hal ini juga pasti dirasakan semua wanita saat mereka hamil lalu akhirnya melahirkan untuk pertama kalinya. Takut, bahagia, sedih, bangga, semua jadi satu saat hari kelahiran itu tiba. Wanita biasa yang mulai harus berubah peran menjadi seorang ibu.
Ibu adalah profesi yg sangat berat tugas dan tanggung jawabnya, tapi tidak ada 1 pun teori yang bisa mengajarkan kita bagaimana supaya bisa menjadi ibu terbaik. Tapi bisa dipastikan bahwa semua ibu di dunia ingin menjadi ibu yang sempurna untuk anak anaknya, dengan cara mereka masing-masing tentunya.

Saat anak lahir ke dunia, pasti kita ingin dia tumbuh menjadi manusia yang sehat, bahagia, memiliki akhlak yang mulia, pintar, rajin, hebat, sukses, dan semua hal baik yang ada di dunia ini kalau bisa dia punya, ya kan? tapi kita ga bisa selalu kontrol anak kita setiap jam supaya dia selalu lakukan hal baik saja, apalagi ketika dia sudah menginjak usia sekolah dan seterusnya. anak pasti akan menemukan dunianya sendiri, pemikiran dan pendapatnya juga sudah sulit untuk diarahkan. ini karena pemikiran dan perbuatan anak usia tersebut sudah hasil dari persatuan antara pengaruh keluarga, lingkungan, teman, guru, tetangga dan hal hal lain disekitarnya.

Anak bukan hanya butuh uang untuk penyelesaian segala macam persoalan hidup mereka, bukan pula cukup disekolahkan di sekolah mahal agar jadi anak pintar. disini aku mau berbagi beberapa hal yang bunda bisa lakukan sedini mungkin, untuk membentengi mereka menuju kehidupan baik mereka dimasa depan, sebagai bukti cinta bunda untuk si kecil. kita harus bisa memanfaatkan masa dimana ketergantungan mereka kepada kita masih tinggi, sebelum mereka akhirnya menemukan dunianya sendiri. 



ASI

Sejak detik pertama dia melihat dunia, dia tidak akan menuntut dan meminta apapun. Tapi ia memiliki hak penuh untuk mendapatkan ASI. selain nutrisi dalam ASI yang sangat baik dan tidak mampu ditandingi dengan susu formula termahal sekalipun, proses saat memberikan ASI juga mampu menimbulkan kedekatan emosional antara ibu dan anak. Anak menjadi sangat tergantung dengan ibunya dan ibu merasa sangat dibutuhkan oleh mahluk kecil ini, sehingga mampu memunculkan rasa bahagia yang tidak bisa di deskripsikan. Kontak mata dan fisik saat sedang menyusui pasti otomatis terjalin dan ini ngangenin banget loh.



Anak tidak membutuhkan asupan lain selain ASI sampai usianya 6 bulan. Setelah itu bisa diteruskan sampai usianya 2 tahun. Walaupun aku bekerja, alhamdulillah hak Kyara atas ASInya masih bisa aku berikan. Dengan rutin mengeluarkan ASI 3-4 jam sekali mampu membuat ASI lancar dan terus ada sampai usianya 2 tahun. Hal ini juga dipengaruhi asupan dari ibu dengan memakan banyak sayuran untuk mempertahankan kuantitas dan kualitas dari ASI yang dikeluarkan. semangat untuk semua para pejuang ASI!!



MPASI  yang TEPAT

Setelah 6 bulan ASI, anak mulai diperkenalkan makanan pendamping. Aku mulai memperkenalkan rasa makanan tunggal seperti sayur sayuran, baru setelah itu buah buahan. Karena sayuran cenderung memiliki rasa yang tawar, membuat anak terbiasa makanan tawar terlebih dahulu. Jika diawali dengan memperkenalkan buah buahan, yang rasanya cenderung manis, dikhawatirkan kelak bisa membuat anak lebih memilih milih makanan yang akan ia makan.


ibu harus variatif dalam memilih menu makanan setiap harinya, agar anak tidak bosan saat proses belajar mengenal berbagai macam rasa. dan yang harus diperhatikan adalah nutrisi seimbang dari setiap sajian. usahakan ada unsur karbohidrat, protein, dan juga sayur-sayuran. Pengenalan awal makan anak saat MPASI, mempengaruhi pola makan mereka saat besar nanti. 


Dan yang tidak kalah penting jangan perkenalkan MSG dulu ya bunda! Mengkonsumsi MSG secara berlebih mampu menimbulkan efek sakit kepala, berkeringat, jantung berdebar, nyeri dada, mual dan mati rasa atau kesemutan di daerah wajah, leher dan daerah lain. untuk orang dewasa saja bisa menimbulkan efek demikian, apalagi jika dikonsumsi anak-anak?



IMUNISASI
masih banyak pro kontra diluaran sana yang membahas soal imunisasi, menyangkut kandungan yang ada dalam imunisasi tersebut. aku bukan ekspert di bidang kesehatan apalagi ahli agama. aku hanya manusiah biasah yang percaya kepada pemerintah dalam program imunisasinya. dan yang aku tau imunisasi mampu menangkal berbagai macam penyakit berbahaya dan ini sejalan dengan keinginanku sebagai orang tua yang ingin anaknya selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. menurutku, imunisasi sangat penting karena mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati kan.


AGAMA



ibu adalah madrasah pertama anak. sebelum mereka mengenal guru, ibu mampu mengajarkan berbagai hal dasar soal keagamaan. seperti aturan atau batasan dalam berpakaian, berbicara dan bertingkahlaku yang bisa mulai diajarkan sejak dini. Karena saat besar nanti agamalah yang akan menjadi benteng dirinya dalam memilih berbagai keputusan dan tidakannya. Anak akan menyadari akan selalu adanya "PENGAWAS (Tuhan)" dalam setiap tingkah lakunya meskipun saat tidak dalam pengawasan orang tuanya.

SENTUHAN dan PELUKAN

Hal ini sudah banyak ditinggalkan oleh keluarga zaman now!
Menurut beberapa literaturkontak kulit ke kulit antara anak dengan orang tua dapat membantu si Kecil berkembang dan mengenal dirinya dengan lebih baik. Salah satu manfaatnya adalah membantu perkembangan otak dan juga mental pada si Kecil. 




menggendong ataupun mengusap tubuhnya, dapat membuat ia merasa lebih tenang dan nyaman, sehingga ikatan yang terjalin dengan si Kecil semakin meningkat. Ibu menjadi lebih sensitif dengan tanda-tanda yang diberikan oleh si Kecil dan ia pun dapat belajar untuk lebih responsif kepada Ibu. anak juga menjadi lebih percaya diri karena adanya kenyamanan secara psikis saat ada di pelukan ibu.





Selain itu, dengan rasa nyaman yang tertanam pada si Kecil, itu artinya perkembangan otaknya dapat terjadi dengan lebih optimal karena minimnya produksi hormon kortisol, hormon yang diproduksi otak ketika seseorang merasa stres. Produksi hormon kortisol yang cukup tinggi pada anak, dapat meningkatkan risiko terganggunya jaringan otak pada hippocampus atau bagian otak yang menyimpan ingatan. Akibatnya, anak berisiko mengalami hambatan dalam menjalani proses belajar.

KOMUNIKASI


komunikasi adalah hal kecil yang berarti sangat besar. komunikasi sudah bisa dilakukan ibu kepada anaknya bahkan saat sang anak masih didalam kandungan. karena saat fungsi telinga anak berfungsi untuk pertama kali, suara ibulah yang sering ia dengar saat didalam perut. itu sebabnya ibu hamil diharuskan menjaga perkataan dan perbuatannya. saat anak lahir, ibu bisa mulai melakukan "pedekatan" dengan sering ngajak ngobrol, memancing anak untuk bercerita, menimbulkan rasa nyaman dan percaya anak kepada ibunya. ini penting agar saat besar nanti, ketika ia menghadapi berbagai perasaan dan juga persoalan hidup, ia tidak lari kepada orang lain untuk bercerita. gimana jadinya kalau anak lebih percaya teman/ orang lain untuk mendengarkannya selain dengan ibu atau keluarganya? pasti ada rasa gagal menjadi ibunya. huhuu



PEKA TERHADAP KONDISI ANAK
Saat semua hal yang bisa kita lakukan sudah dilakukan dengan maksimal. Ada saja saat dimana hal yang tidak kita inginkan harus terjadi, anak sakit contohnya. Melihat anak sakit membuat kita terlalu panik. Sehingga bingung apa yang harus dilakukan secepatnya. Usia dibawah 5 tahun merupakan masa dimana penyaki demam menjadi momok menakutkan, karena jika tidak ditangani dengan cepat dan benar maka bisa menyebabkan step.
Ibu yang perhatian dengan anak harusnya paham dan peka terhadap kondisi sang anak. jika terlihat ada perubahan pada keaktifan geraknya, suhu tubuhnya atau muka yang terlihat pucat menjadi bukti bahwa sedang ada yang dirasakan dibadannya. coba untuk cek sendiri dulu seperti menanyakan apa yang terasa aneh dari badannya, lalu ukur suhu tubuhnya. Demam bukanlah jenis penyakit, tetapi demam merupakan sumber dari penyakit lainnya. Demam biasanya disebabkan kelelahan, infeksi virus, alergi atau infeksi penyakit yang lain.





Sebagai orang tua kita tidak bisa prediksikan kondisi anak selalu sehat dan fit. Untuk itu, jika berpergian keluar rumah, aku pastikan Tempra Syrup untuk selalu ada di dalam tas keperluan Kyara. Saat bayi, Kyara menggunakan Tempra Paracetamol Drop untuk usia 0-1 tahun.  karena usianya sekarang 3 tahun, sekarang ia menggunakan Tempra Syrup (untuk usia 1-6 tahun).Tempra Syrup mengandung paracetamol yang bekerja sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan pereda rasa sakit. Tempra Syrup mampu meredakan demam, rasa sakit dan nyeri ringan, sakit  kepala dan sakit gigi ataupun demam setelah imunisasi.




Keunggulan Tempra Syrup dibandingkan dengan brand lain adalah dosisnya yang tepat, kita gak perlu khawatir anak over dosis atau kurang dosisnya, karena sudah pas dan tepat! sehingga aman banget di Lambung. saat ingin diminum juga tinggal seruput ajah! ga usah dikocok-kocok karena sudah larut 100%.



❤ Tidak ada kata terlambat untuk memberikan yang terbaik untuk anak. semoga dengan selalu berusaha memberikan yang terbaik dari kita sebagai orang tua untuk buah hati, akan berhasil mengantarkan anak menjadi pribadi yang terbaik. jika tidak melakukan hal diatas bukan berarti bunda tidak cinta dengan anak, tapi cara kita saja yang mungkin berbeda, ya kan? mungkin bunda punya cara lain untuk mencintai si kecil, share di colom coment ya, supaya kita bisa sama sama saling belajar menjadi ibu yang jauh lebih baik dari sekarang.



semoga bermanfaat.
salam senyum :)









Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra.

Selasa, 28 November 2017

MERAWAT GIGI ANAK SEJAK DINI

Jangan lagi menganggap anak gigis/ caries itu hal yang wajar ya. karena semua itu bisa dicegah loh. bisa banget kok punya anak dengan gigi putih, bersih dan wangi sejak dini.
aku mau share beberapa tips yang aku lakukan sendiri, dan berhasil bikin gigi anakku putih hingga saat ini, padahal usianya baru 3 tahun, tahun dimana anak biasnya sudah mengalami caries pada giginya, semoga seterusnya bisa seperti itu.. amin!:D


NIAT
niat adalah awal dari segala awal. bayangkan saja,  bayi atau balita mana yang sudah mandiri merawat giginya sendiri. mereka sangat tergantung kepada kita. oleh karena itu, orang tua, terutama mamanya lah yang harus punya niat yang besar untuk menjadikan anaknya benar-benar sehat seutuhnya.


JANGAN PERPANJANG MASA PEMAKAIAN DOT
bayi yang sejak dini sudah diperkenalkan dot/ empeng pasti akan sulit untuk melepas kebiasaan ini. banyak ibu-ibu yang merasa bahwa dot merupakan satu-satunya alat hisap bayi. padahal banyak alat yang lebh aman untuk bisa dipakai minum susu, seperti traning cup atau memakai sedotan.
mulailah untuk memperkenalkan training cup diusia satu tahun, semakin awal dia mengenal training cup dan tidak lagi menggunakan dot, semakin baik jg untuk kesehatan giginya. air susu yang keluar dari dot selalu menetes meski bayi tidak sedang ingin menghisap. Air susu tergenang dalam waktu lama akan mengakibatkan pertumbuhan plak serta bakteri merugikan yang akan merusak gigi sehingga menjadi berlubang. Gigi rentan terkena karies. Sementara itu, gigi yang berlubang rentan komplikasi infeksi dan sakit gigi juga komplikasi lainnya yang berbahaya. selain  itu, dot juga mampu berisiko merusak pertumbuhan rahang dan gigi-geligi.



AJARKAN MENGGOSOK GIGI SEJAK DINI
paling tidak setiap mandi sehari 2 kali harus dibiasakan selalu menggosok gigi.
setelah sudah rutin maka frekuensi bisa ditambah lagi yaitu saat sebelum tidur.
biasanya kendala yang dihadapi adalah anak belum bisa berkumur, air kumur biasanya masih ditelan karena belum tau cara berkumur. untuk awal, aku menggunakan air meneral untuk air kumurnya dan menggunakan pasta gigi yang kandungannya aman untuk ditelan. saat ini sudah banyak produk pasta gigi anak yang tidak ada kandungan detergennya, sehingga aman jika tertelan.
buat kegiatan menggosok gigi menjadi menyenangkan, aku biasanya melakukan gosok gigi bersama dengan anakku. dengan melihat, ia akan meniru, lalu jika sudah nyaman, hal ini akan terus ia lakukan walaupun nantinya tidak lagi dalam pantauan kita. membuat kebiasaan baik ini menjadi kebutuhan yang akan  ia lakukan dengan iklas (tanpa paksaan).


HINDARI PEMBERIAN MAKANAN YANG TERLALU MANIS
permen dan coklat adalah makanan kesukaan mereka, tapi bisa kita batasi dengan memperkenalkan jajanan lain untuk menjadi selingan makanan padat mereka, seperti biskuit, sereal atau bahkan buah. jadikan mengkonsumsi buah menjadi suatu kebiasaan untuk mereka. anak merupakan mahluk yang masih sangat bisa untuk dibentuk watak dan kebiasaannya. buah sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin. carilah cemilan yang berfaedah ya mom! yang aku selalu katakan kepada Kyara saat dia minta jajan, "no mecin no candy ya!". alhamdulillah dia nurut sih sejauh ini. kalau merengek ya coba dialihkan perhatiannya dengan hal yang dia suka.

punya anak lucu dari lahir sudah biasa, tapi merawat anak balita supaya tetap terlihat lucu dan sehat itu baru luar biasa dan prestasi buat mamak, ya kan??

Semoga bisa bermanfaat ya buat semua orang tua yang juga sedang berjuang merawat, membesarkan dan membentuk anak kita, bagaimana mereka tergantung kita juga loh.. semangaattt percantik senyum mereka dengan gigi putih dan sehat!!



salam senyum :)

Rabu, 25 Oktober 2017

5 MANFAAT MAKE UP EXPIRED



Ladiess.. sudah bersih-bersih meja riasmu belum?
coba deh cek masa expirednya. jangan sampai make up yang kamu pakai untuk mempercantik malah jadi bikin kulit muka iritasi karna kamu abaikan expired datenya. make up kadaluarsa  bahaya jika masih digunakan pada kulit, karena kandungannya sudah berubah menjadi toxid (racun).


tapi eitss tunggu dulu! jangan buru-buru dibuang yaa!
yuk kita manfaatkan mereka tanpa merusak kulit kita.

1. Lipstik pallete


bisa dijadikan alat lukis, apalagi mami mami yang sudah punya anak kecil. coba explore kreativitas anak dengan menyediakan lip pallete dengan kuas yang tersedia beserta buku gambar. Anakku asi
k banget loh corat coret dengan produk ini. bisa membantu gerak motoriknya jg loh. kegiatan ini juga bias dilakukan pada produk lipstick, eyeshadow dan blush on.

2. Tonner

tonner juga bisa digunakan untuk membersihkan benda-benda kecil yang kotor, seperti layar handphone.

3. Parfum

parfum kadaluarsa jika masih digunakan bisa meninggalkan noda dibaju dan membuat iritasi jika terkena kulit. kita bisa manfaatkan parfum sebagai pewangi ruangan ataupun toilet.

4. Kuteks

kuteks bisa dijadikan juga sebagai alat lukis benda-benda kecil. kita bisa berkreasi dengan membuat pernak-pernik atau hiasan kecil dengan mewarnainya dengan warna kuteks cantikmu.

5. Mascara

sebel ya kalau maskara kita kering, ini bisa karena kita terlalu lama membukanya saat pemakaian, atau memang sudah habis. banyak yang bisa dilakukan oleh kuas maskara loh. aku suka jadikan aplikator maskara sebagai spolie (brush untuk merapikan alis). apalagi kalau kamu gunain pinsil alis, harus banget ya di blend pake spolie, biar gak ngeblok dan ketebelan kaya ulet bulu. hhee

Semoga barang yang sudah kita beli tidak sia-sia/ mubazir yaa.. Dengan memanfaatkan mereka sesuai kebutuhan dan kondisinya. dan yang perlu diingat juga, belilah hal-hal yang kamu butuhkan, jangan hanya ikuti keinginan. aku juga sebagai wanita normal pada umumnya, masih sulit menerapkan hal ini sih. hhee. proseslah yaa.. oiaa jangan lupa juga untuk rutin bersihkan tools make up kalian yahh, biar gak cepet jerawatan.

see you on my next post

salam senyum :)

Kamis, 10 Agustus 2017

Tips Merawat Rambut Keriting Pada Anak


Mau share sedikit nih soal problematika rambut keriting. Anakku Kyara dari lahir sudah menunjukkan tanda-tanda kekeritingan pada rambutnya. hhaa. Agak kaget sih, karena aku dan suamiku punya rambut yang lurus (kriting dari gen neneknya kayanya). Sempet bingung gimana treatment untuk rambut keriting. karena memang sangat berbeda sekali dengan rambut lurus.

Rambut yang keriting lebih cepat terlihat berantakan dan lepek karena rambut tipe ini cepat sekali kusut. kerontokkan juga tidak dapat dihindari deh, apalagi kalau sisirnya gak tepat. Tapi lama kelamaan aku mulai pelajari nge-treat rambut keriting biar gak kalah cantik juga seperti rambut lurus, dengan melakuakn hal-hal berikut:

  • Pilih shampo yang lembut, kalau bisa mengandung conditioner. rambut kriting pasti sering banget kusut, conditioner yang lembut bantu rambut agar tidak terasa kasar saat keramas dan lebih mudah dirapikan saat kering nanti.
  • Keringkan rambut dengan perlahan dan dengan menggunakan handuk yang lembut. menggosok-gosokkan rambut dan handuk terlalu keras akan cepat membuat rambut rusak dan rontok.
  • Gunakan minyak/ hair lotion hair lotion biasanya mengandung ekstrak lidah buaya dan kandungan lain, yang bisa menguatkan akar rambut, menjaga kelembaban rambut dan membuat rambut siap disisir.
  • Harus cepat disisir setelah keramas aku biasanya langsung segera merapikan rambut Kyara dengan sisir. karena kalau sudah keburu setengah kering, rambut keriting akan susah diatur. akan banyak rambut yang bandel (naik-naik gitu).selain itu, rambut juga terlihat jelek seharian.
  • Biarkan rambut kering dengan sendirinya. pengering rambut akan membuat rambut keriting semakin terlihat kering, dan kasar.
  • Pilih sisir yang sesuai. jangan gunakan sisir biasa yang bentuknya datar. sisir untuk rambut kriting sebaiknya yang bentuk sikatnya jarang - jarang, lembut dan fleksibel. sisir bentuk tersebut bisa mengurangi kerontokan, tidak sakit dan lebih cepat selesai saat sisiran. pada Kyara, aku sudah nemuin sisir yang tepat. gak sakit walau dipakai saat kusut banget. sisir ini juga bisa digunakan saat rambut dalam keadaan basah maupun kering. Kyara sudah tidak pernah lagi mengalami kerontokan setelah pakai sisir ini. Kyara pakai sisir dari Wet Brush Indonesia. Harganya memang jauh lebih mahal dari sisir biasa, tapi wort it banget kok, sesuai sama kualitasnya. jenis sisir anti kusut kaya gini juga banyak diproduksi dari merk-merk lain seperti Tamia atau Tanggle brush (ini harganya jauh lebih mahal). banyak review kalau mereka punya fungsi yang sama saja, tapi aku belum pernah coba sih.




Jangan lupa juga untuk selalu membawa sisir kemanapun, karena rambut keriting rentan dengan kusut dan berantakan.
Semoga bisa membantu buat ibuk-ibuk yang juga lagi bingung untuk perawatan rambut kiting si kecil. Kita buktikan juga pada dunia, kalau rambut cantik bukan hanya bisa dimiliki orang berambut lurus. Rambut keriting juga lucuk! 

Salam Senyum,
Nia :)

Selasa, 01 Agustus 2017

DRUGSTORE MASCARA [REVIEW] QL CURLING & WATERPROOF





haii beauty! kamu pasti tau kan, item terpenting yang buat mata kita jadi kelihatan lebih hidup ya bulu mata yang lentik dan maskara yang bisa bikin bulu mata jadi on point. tapi milih maskara juga gak mudah. kalau salah, bisa bikin mata kamu jadi mata panda setiap habis kena air ataupun wudhu, ada juga yang bikin mata jadi berasa berat banget. kalaupun ada yang bagus, pasti deh harganya bikin dompet nangis. 

waktu aku lagi jajan ke toko tradisional gitu, aku ketemu maskara yang dari harganya sebenernya agak meragukan, tapi karna waktu itu maskaraku baru aja abis, ya aku beli ini aja sekalian mau coba-coba. dan ternyataa... 
Percaya gak kalau ada maskara yang harganya dibawa 50 ribu? Seperti yang kita tau, maskara yang bagus, yang waterproof dan awet, pasti mahal. Tapi ternyata aku salah setelah ketemu QL waterproof & curling mascara. Dari pertama beli sampe sekarang selalu aku pakai. uh gak sabar! aku langsung review aja yah..



Brand : QL WATERPROOF & CURLING MASCARA
Harga: Rp. 42.500 (murah bangeet kan??)
Netto : 8 ML
  • Aku Beli di toko make up tradisional deket rumahku di daerah Cikupa. (kayanya sih belum ada di Guardian, dandan, dll gitu).


  • Packaging

Warnanya hitam glossy, besarnya sama seperti maskara pada umumnya.
Bentuk aplikatornya agak gendut, tapi pas banget buat jangkau bulu mata atas dan bawah.
Klaim produk pada kemasannya dia waterproof dan bisa bikin bulu mata lentik (curling).


  • Ingredients bisa dibaca pada gambar dibawah yaa.





  • Tentang Produk
Produk ini buatan lokal loh, asli Indonesia.





  • Tekstur
Warnanya Hitam pekat dan lebih terlihat cair dibanding maskara lain yang terlihat lebih kental dan pekat. kalau kita keluarkan aplikatornya, kaya ada serabut- serabut gitu. Serabut ini yang bikin bulu mata jadi lebih panjang, tapi gak bikin ngegumpal.



  • Aplikator
agak gendut, tapi pas buat jangkau bulu mata atas dan bawah



  • Ketahanan
Maskara ini bisa dibilang semi waterproof. Karena kalau kena air aja (tidak dikucek) masih aman. Aku pakai wudhu masih aman banget loh. Dia baru akan hilang kalau kita kucek. Lucunya, gak kaya maskara lain yang kalau luntur itu bleber, maskara ini ilangnya gak bleber. saat kena air, maskara yang luntur berupa bubuk hitam gitu dan jumlahnya gak banyak, bisa diambil pakai tangan. Jadi bisa dibilang bukan luntur tapi rontok. hhee
Maskara ini tahan banget loh buat dipakai seharian. aku pakai buat ngantor, dari pagi sampai malam aman, paling ada rontok dikit dipipi waktu kena air wudhu. tapi lentiknya aman seharian.



  • Cara membersihkan
ini contoh serabut maskara yang aku tarik dari bulu mata

saat luntur, dia bentuknya padat, jadi lebih gampang untuk dibersihkan. Kita tinggal tarik perlahan bulu mata kita, dan tercabut deh serabut dari maskaranya. Jadi gak bikin mata panda waktu dibersihkan. cuma pakai air biasa saja sudah bisa menghilangkan maskara ini. Tapi kalau kita kucek mata waktu saat pakai maskara ini, terasa agak perih, mungkin karena ada kandungan alkohol didalamnya. Dan harus lebih hati- hati karena serabutnya bisa masuk mata kamu kalau kamu kuceknya terlalu heboh.








Saat awal aku apply, terasa basah tapi gak lama juga kok untuk keringnya. Rasanya ringan, gak berat, gak berasa pakai maskara. Maskara yg biasa aku pakai biasanya terasa berat seperti pakai bulu mata palsu, klo QL ini enggak. QL ini berhasil bikin bulu mata terlihat lebih panjang yang natural. bisa bikin bulu mata tahan untuk lentik keatas cukup lama, apalagi kalau kita pakai penjepit bulu mata sebelumnya (terlihat lebih lentik). 


what I LOVE
+ murah
+ mudah didapat
+ ringan
+ kasih efek panjang dan pekat di bulu mata

what I HATE
- gak waterproof
- agak perih waktu dibersihkan

Result aku, produk ini pilihan tepat yang banget buat kita yang suka barang murah dan berkualitas. Kenapa harus bayar mahal, kalau ada yang lebih murah dengan kualitas yang sama.

Nilaiku untuk maskara ini 8.

sekian review aku buat maskara 40 ribuan ini. gimana? ada yang udah pernah coba juga? atau masih penasaran dan masih bingung beli apa gak? semoga jadi ada pencerahan setelah baca review ini. 


sampai jumpa di tulisanku selanjutnya.



salam senyum :)





Kamis, 20 Juli 2017

YUK NAIK BIS!





Aku mau cerita sedikit nih soal pengalamanku yang selalu berkutat di jalanan. Sekedar info, aku tuh mamak dari satu orang anak yg juga bekerja di jakarta. Senin-jumat aku bolak balik dari Cikupa tangerang - jakarta barat (Disini ada yang tau cikupa??hhaa). Dari setiap perjalananku ini sudah banyak hal yang bisa dinikmati (karna kerja adalah ibadah jadi harus selalu dinikmati dan disyukuri kan yaa? hmm). Di jalanan, aku ketemu banyak orang dengan tipe dan kepentingannya masing-masing, Ketemu banyak kendaraan dengan berbagai rupa dan ketemu banyak debu juga pastinya. ;)

sebelah kanan merupakan Jalan TOL arah Tangerang - Jakarta,
Jika jam pulang kantor kemacetan  ada di kedua sisi jalan tol ini. didominasi mobil pribadi kan.


Transportasi aku untuk menuju kantor dan sebaliknya juga beragam, aku pernah naik mobil pribadi, bis, angkot, metromini dan juga ojek online, lengkap yak. Kadang kalau senggang ya aku naik kendaraan umum (bis, angkot/ojek online), tapi kalau sudah mepet waktunya baru aku putusin untuk naik kendaraan pribadi (mobil, karna jaraknya yg jauh jadi gak mungkin aku naik motor yaa). Semua kendaraan punya kekurangan dan kelebihannya sendiri.



Ini aku coba gambarkan perbedaannya, lumayan banget loh beda ongkosnya, hampir 3x lipat. bisa ditabung buat jajan anak. ;)


Karena aku sudah merasakan hampir semua transportasi umum yang ada, aku bisa menarik kesimpulan, kenapa banyak orang lebih memilih naik kendaraan pribadi dari pada transportasi umum. 

Karena transportasi umum di Indonesia tidak memiliki hal hal berikut:


1. Transportasi umum yg datang teratur dan tepat waktu
gak ada angkutan umum yang bisa menjanjikan kita untuk datang dan mengantarkan kita ke tempat yang dituju tepat waktu. karena macet, ngetem, dll. beda banget sama negara-negara tetangga yang sudah menyediakan hal ini.

2. kenyamanan
Kenyamanan yang hakiki saat diperjalanan adalah gak ada asap rokok! Ini yang belum bisa diterapkan di dunia perAngkotan dan perBisan. Kondisi kursi yang sudah lapuk dan AC yang kurang dingin juga sering aku jumpai.
belum lagi aroma semerbak saat berhimpitan di jam pulang kantor.hmmm

3. keamanan
Bukan rahasia lagi kalau copet pasti ada di kumpulan orang banyak. Kondisi mesin angkutan umum juga kurang dirawat, sehingga banyak ditemui angkutan yang mogok, kecelakaan karna rem blong sampai ada yang bahkan kehabisan bensin (bensin aja gak diperhatiin bro!).

4. tarif sesuai
Gak harus murahan banget sih, kalau nyaman dan aman kita pasti rela bayarnya. kalau bisa sih aman, nyaman dan murah yaa..

5. tidak praktis
Kalau naik kendaraan pribadi, kita gak akan tu ribet-ribet buat gonta ganti beberapa kendaraan umum untuk sampai ke tempat tujuan.







sekarang kondisi jalan raya sudah seperti parkir mobil berjamaah. Macet tidak lagi mengenal hari maupun jam kerja. Hari sabtu dan minggu yang dulu bikin jalanan lenggang, sekarang sudah tidak berlaku. Jalan tol yang harusnya merupakan jalur bebas hambatanpun tak luput dari hambatan (macet maksudnya). Jujur aku kadang suka sebel kalau liat mobil pribadi yang isinya cuma ada 1 orang (kadang aku juga gitu sih kalo darurat). dia ikut ngantri dikemacetan. Dan itu banyak jumlahnya loh. Coba kalau 10 aja dari mereka taruh mobilnya di rumah, lalu beralih naik bis, pasti jalanan sedikit lebih lengang, apalagi kalau bisa lebih dari itu. tempat untuk pejalan kaki juga nyaris tidak ada. trotoar yang harusnya hanya dilewati pejalan kaki, malah disalahgunakan fungsinya sebagai tempat berjualan. 


Memang sih, kenyamanan dan keamanan di angkutan umum masih sangat minim, tapi kita bisa ciptain sendiri kok keamanan dan kenyamanan sesuai yang kita mau, dimanapun itu.

Hal-hal yang biasanya aku lakuin kalau naik kendaraan umum:

- Pakai masker 
Untuk cegah debu dan polusi masuk langsung ke hidung kita. kalau bahan masker kamu kain, jangan lupa rutin dicuci ya, biar gak jerawatan. kalau yang sekali pakai, ya jangan dipakai berkali-kali, karna pasti sudah full debu disitu.

- Gunaan pakaian dan tas yang nyaman (gak ribet)
Kalau bisa pakailah celana,karna gerakan kita lebih fleksibel dan nyaman juga kan. Untuk tas, aku prefer pakai 1 tas tapi semua barang sudah masuk disitu, jadi gak ribet dengan banyak tentengan. Biasanya yang terlihat ribet jadi sasaran empuk pencopet. Karna fokus mereka terbagi-bagi dengan banyaknya barang bawaan mereka sehingga pencopet lebih mudah beraksi.

- Siapkan uang receh ditempat khusus
Ini supaya kamu gak sering buka tutup dompet kamu. Di bis banyak pengamen,minta-minta, pedagang asongan,dll. Kita harus siapin uang seperlunya untuk hal-hal seperti itu ditempat/ selipan tas yang mudah dijangkau. penampakan dompet juga ngundang copet loh. Jangan sampai niat kita bantu orang bikin kita malah kehilangan barang milik kita sendiri.

- Selalu awas
Selalu sadar dan waspada, jangan bengong. Kalau aku biasanya suka dengerin musik, atau istigfar dalam hati, selain jadi ibadah, kita sekaligus pastikan kalau pikiran dan perhatian kita tidak bisa di skip sama hal-hal negatif dari luar seperti upaya hipnotis, dll.

- Berangkat lebih awal
harus ada waktu kita yang memang disiapkan untuk nunggu angkutan, ngetem (cari penumpang), macet.

- Bawa Parfum

aku biasanya pakai farfum di kantor, supaya parfumnya gak sia-sia. Di jalanan kita melewati banyak asap dan debu. Jadi lebih baik rapi-rapinya di kantor aja deh..

- Jangan Terlihat Lembek

perempuan sering dianggap mahluk lemah, makanya kejahatan banyak menghampiri kaum kami, salah satu cara aku adalah jangan terlihat lemah. saat duduk, jalan maupun berdiri dibuat seperti laki-laki gagah. jangan rapet banget gitu. 

polusi udara memiliki dampak buruk bagi makhluk hidup bahkan untuk keberadaan kehidupan dibumi. Polusi udara mampu Menghambat Perkembangan Tanaman, Menyebabkan Hujan Asam, Menimbulkan Efek Rumah Kaca, Rusaknya Lapisan Ozon dan Menurunnya Kesehatan Manusia




Polusi udara merupakan faktor utama penyebab infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), termasuk berbagai gangguan pernapasan lainnya seperti pneumonia, bronkitis, dan sebagainya. Setiap tahunnya, penderita gangguan pernapasan di Indonesia semakin meningkat. Salah satu penyebabnya ialah semakin memburuknya kondisi udara kita. Bahkan, gangguan pernapasan menjadi penyebab kematian terbesar keenam di Indonesia. Dimungkinkan jumlah kematian akibat gangguan pernapasan juga makin meningkat setiap tahunnya, karena kualitas udara di Indonesia semakin memburuk.


kalau kita hanya menunggu pemerintah bertindak, rasanya sayang. waktu berjalan terus menerus. BUMI KITA tidak bisa menunggu pemerintah. apa yang kita bisa lakukan, yuk dilakukan.


kita harus mulai dari diri sendiri dan mulai saat ini untuk berkontribusi langsung dalam mengurangi polusi udara, paling tidak dengan menggunakan angkutan umum yang ada. Kalau semua orang berpikiran sama pasti terasa perbedaannya. Ikut berperan serta dalam mengurangi polusi udara itu prestasi loh. Anggap saja prestasi untuk diri sendiri karena memikirkan kehidupan orang lain setelah kita, anak, cucu kita. Bayangkan kalau tidak dimulai dari sekarang, bagaimana kondisi udara 10-20 tahun kedepan?? anak, cucu kita apakah masih mendapatkan haknya untuk menghirup udara bersih??

Semoga dengan berjalannya waktu, harapanku kepada pemerintah terkait juga mampu memberikan transportasi umum yang ideal untuk kita semua. sehingga kita bersama-sama lebih memilih meninggalkan mobil kita untuk naik transportasi umum.
amiinn 


Dimulai dari hal yang kecil, jika dilakukan bersama-sama dan mulai dari saat ini akan memberikan dampak yang besar dan baik.

Yuk naik bis!!


Salam Senyum,

Nia :)

Rabu, 12 Juli 2017

SOLUSI ALAMI UNTUK ANYANG-ANYANGAN




Air putih adalah sumber mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena sekitar 60% dari tubuh manusia terdiri dari air. Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.



tapi realitanya, manusia hanya akan minum pada saat haus, padahal rasa haus itu sendiri bukan indikasi yang baik mengenai kebutuhan tubuh akan air. belum lagi minuman yang dipilih bukanlah air putih murni, melainkan minuman yang berwarna dan mengandung banyak gula. minuman tersebut tidak termasuk hitungan kebutuhan air putih yang dibutuhkan tubuh. manusia paling tidak membutuhkan minimal 3 liter air putih setiap harinya.

karena kurangnya keinginan untuk mengkonsumsi rutin air putih sesuai kebutuhan tubuh, ada penyakit yang sering menghampiriku, yaitu anyang-anyangan. dulu aku pikir penyakit ini penyakit biasa, karna sangking seringnya aku terkena anyang-anyangan. sekedar info buat yang belum tau, Anyang-anyangan adalah salah satu indikasi dari penyakit infeksi saluran kemih. Disaat sedang buang air kecil, air yang harusnya keluar banyak namun saat mengalami anyang anyangan biasanya air yang keluar sedikit dan rasa yang muncul juga nyeri.

Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda Anda bisa jadi mengalami anyang-anyangan:
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Rasa perih ketika buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam
Saat itu, aku cuma pakai cara tradisional yang sudah turun temurun, yaitu dengan mengikat jempol kaki kiriku dengan menggunakan karet gelang. gak tau juga hubungannya dimana. tapi karna pengen sembuh, aku lakuin aja. entah sugesti atau gimana, jadi agak berkurang tuh kuantitas aku bolak balik toilet. ini jadi cara andalan aku waktu itu. setelah sembuh baru aku buka karetnya dari kaki. karna diikat terlalu lama dan kencang, jempol kakiku jadi ada bekas ikatan merah dan jempolnya membiru. hal itu karena aliran darah pada kaki tidak bisa melewati ikatan tersebut. bahaya banget kan.

Karena penasaran, lalu aku cari tau lebih dalam soal penyakit dengan nama yang gak elegan sama sekali ini. ternyata penyebab dari penyakit ini salah satunya terjadi karena kurangnya mengkonsumsi air putih dan sering menahan kencing. itu aku banget! penyakit yang kita anggap sepele ini, ternyata jika tidak ditangani dengan cepat dan benar, penderita bisa terkena infeksi kantung kemih, bahkan bisa berujung gagal ginjal. horor banget kan. Dari situ aku mulai memperbaiki pola hidupku dengan lebih banyak mengkonsumsi air putih dan gak nahan pipis lagi.



Umumnya, anyang-anyangan terjadi karena sering menahan kencing. Penyebab lain adalah kurang minum air putih, terlalu banyak minum yang berefek diuretik seperti alkohol, kopi, dan teh. Bisa juga karena kehamilan, cemas, otot detrusor tidak stabil, pembesaran prostat, hipertonisitas dasar panggul, interstitial cystitis, dan diverticulitis.


Selain itu, ini nih hal yang bisa bikin kita Anyang-anyangan :


  • Toilet yang tidak bersih
  • Proses membilas setelah buang air besar (BAB) yang salah, harusnya bilas dengan arah dari depan ke belakang bukan sebaliknya.
  • Air bilas yang tidak bersih
gak disangka ya, proses kita buang air kecil saja kalau tidak dilakukan dengan benar bisa memicu penyakit berbahaya.

Ternyata minum air putih saja tidak cukup!

aku pikir anyang-anyangan bisa hilang dengan sendirinya dengan hanya minum air putih, namun dalam air putih tidak mengandung zat yang dapat membunuh bakteri E-coli. Anyang-anyangan bisa menyerang pria maupun wanita. Namun secara anatomi, saluran kemih wanita lebih rentan diserang bakteri jahat E-Coli. Sebab letak vagina dan anus yang lebih dekat posisinya sehingga dapat meningkatkan resiko bakteri masuk ke dalam saluran kencing wanita lebih mudah. Bila tidak segera ditangani ini akan mengakibatkan infeksi saluran kemih.

Suatu waktu, salah satu teman memberitahukanku kalau salah satu cara mengatasi Anyang-anyangan dan mencegahnya datang kembali adalah dengan mengkonsumsi ekstrak Cranberry. Cranberry mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri yang menempel pada saluran kemih. cranberry juga populer digunakan sebagai sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah seriawan, dan sebagai antioksidan.

Dengan begitu banyak khasiatnya tersebut bikin aku jadi ingin rutin mengkonsumsi Cranberry. Tapi kita semua tau kan kalau tanaman ini sangat sulit sekali ditemui dan hanya bisa ditemukan di supermarket tertentu, belum lagi harganya yang cukup mahal. kalaupun ada jus dalam kemasan yang mengandung cranberry, minuman tersebut pasti mengandung kadar gula yang tinggi. gula yang berlebih juga tidak baik untuk tubuh.

Sekarang, saya gak perlu risau lagi, ketika Combiphar mengeluarkan Prive URICRANPrive URI-CRAN merupakan suplemen makanan yang terbuat dari ekstrak cranberry organik dan sangat baik untuk memelihara kesehatan saluran kemih. URI-CRAN ada 2 jenis, yaitu yang kapsul dan bubuk (URICRAN PLUS). tinggal pilih deh, jadi kalau lagi mau simpel aku minum aja yang pil, tapi kalau mau yang lebih seger ya URICRAN PLUS powder, diminum dengan cara melarutkannya dengan air putih. rasanya seger dan super enak. manisnya pas dan nggak bikin eneg. dengan begitu kita bisa mendapatkan ekstra Cranberry alami dengan lebih mudah dan praktis.


















Prive Uri-cran terdiri dari 30 kapsul per box yang dijual dengan harga sekitar IDR 121.000,-, sedangkan Prive Uri-cran Plus yang berbentuk sachet terdiri dari 15 sachet per box dengan harga jual sekitar IDR 93.500,-. Prive Uri-cran sudah bisa ditemukan di mana-mana, salah satunya di apotek dan Guardian. Silahkan dicoba buat teman-teman yang mengalami anyang-anyangan juga.


Sebagai wanita, menjadi keseharusan untuk menjaga kesehatan luar dan juga dalam tubuh. kesehatan dari dalam juga bisa memancarkan keluarnya kecantikan alamiah wanita tersebut. Apalagi yang berhubungan dengan organ kewanitaan, sebagai perempuan kita juga harus menjaga kebersihan dan kesehatannya agar bisa tetap produktif menjalani aktifitas. 


Bye bye anyang-anyangan, makasih ya Prive Uri-cran.


Stay healthy!

-BRITANNIA-







Advertisements