Bukti cintaku untuk KAMU, Anakku!

by - Desember 25, 2017


Masih sangat jelas terekam dalam ingatan bagaimana perasaanku saat melihat 2 garis merah saat itu. Dan mulai saat itu pula perasaan cintaku untuknya berawal.  Aku bahagia karena akan melihat dan memilikinya, bangga karena dipilih Allah untuk ditakdirkan menjadi ibunya, takut karena aku tidak yakin akan menjadi ibu yang sempurna untuknya, cemas karena harus selalu memastikan kondisinya selalu baik-baik saja. belum melihat wajahnya saja aku sudah sebegitu sangat jatuh cinta padanya. Tidak pernah aku merasakan perasaan seperti ini bahkan dengan ayahmu, nak. Kepentingan diatas kepentingan, Cinta diatas cinta, itu untuk kamu.❤ ❤ 


Itu tadi sedikit ungkapan cintaku untuk anakku Kyara nada Quinsyah yang saat ini sudah berusia 3 tahun. Hal ini juga pasti dirasakan semua wanita saat mereka hamil lalu akhirnya melahirkan untuk pertama kalinya. Takut, bahagia, sedih, bangga, semua jadi satu saat hari kelahiran itu tiba. Wanita biasa yang mulai harus berubah peran menjadi seorang ibu.
Ibu adalah profesi yg sangat berat tugas dan tanggung jawabnya, tapi tidak ada 1 pun teori yang bisa mengajarkan kita bagaimana supaya bisa menjadi ibu terbaik. Tapi bisa dipastikan bahwa semua ibu di dunia ingin menjadi ibu yang sempurna untuk anak anaknya, dengan cara mereka masing-masing tentunya.

Saat anak lahir ke dunia, pasti kita ingin dia tumbuh menjadi manusia yang sehat, bahagia, memiliki akhlak yang mulia, pintar, rajin, hebat, sukses, dan semua hal baik yang ada di dunia ini kalau bisa dia punya, ya kan? tapi kita ga bisa selalu kontrol anak kita setiap jam supaya dia selalu lakukan hal baik saja, apalagi ketika dia sudah menginjak usia sekolah dan seterusnya. anak pasti akan menemukan dunianya sendiri, pemikiran dan pendapatnya juga sudah sulit untuk diarahkan. ini karena pemikiran dan perbuatan anak usia tersebut sudah hasil dari persatuan antara pengaruh keluarga, lingkungan, teman, guru, tetangga dan hal hal lain disekitarnya.

Anak bukan hanya butuh uang untuk penyelesaian segala macam persoalan hidup mereka, bukan pula cukup disekolahkan di sekolah mahal agar jadi anak pintar. disini aku mau berbagi beberapa hal yang bunda bisa lakukan sedini mungkin, untuk membentengi mereka menuju kehidupan baik mereka dimasa depan, sebagai bukti cinta bunda untuk si kecil. kita harus bisa memanfaatkan masa dimana ketergantungan mereka kepada kita masih tinggi, sebelum mereka akhirnya menemukan dunianya sendiri. 



ASI

Sejak detik pertama dia melihat dunia, dia tidak akan menuntut dan meminta apapun. Tapi ia memiliki hak penuh untuk mendapatkan ASI. selain nutrisi dalam ASI yang sangat baik dan tidak mampu ditandingi dengan susu formula termahal sekalipun, proses saat memberikan ASI juga mampu menimbulkan kedekatan emosional antara ibu dan anak. Anak menjadi sangat tergantung dengan ibunya dan ibu merasa sangat dibutuhkan oleh mahluk kecil ini, sehingga mampu memunculkan rasa bahagia yang tidak bisa di deskripsikan. Kontak mata dan fisik saat sedang menyusui pasti otomatis terjalin dan ini ngangenin banget loh.



Anak tidak membutuhkan asupan lain selain ASI sampai usianya 6 bulan. Setelah itu bisa diteruskan sampai usianya 2 tahun. Walaupun aku bekerja, alhamdulillah hak Kyara atas ASInya masih bisa aku berikan. Dengan rutin mengeluarkan ASI 3-4 jam sekali mampu membuat ASI lancar dan terus ada sampai usianya 2 tahun. Hal ini juga dipengaruhi asupan dari ibu dengan memakan banyak sayuran untuk mempertahankan kuantitas dan kualitas dari ASI yang dikeluarkan. semangat untuk semua para pejuang ASI!!



MPASI  yang TEPAT

Setelah 6 bulan ASI, anak mulai diperkenalkan makanan pendamping. Aku mulai memperkenalkan rasa makanan tunggal seperti sayur sayuran, baru setelah itu buah buahan. Karena sayuran cenderung memiliki rasa yang tawar, membuat anak terbiasa makanan tawar terlebih dahulu. Jika diawali dengan memperkenalkan buah buahan, yang rasanya cenderung manis, dikhawatirkan kelak bisa membuat anak lebih memilih milih makanan yang akan ia makan.


ibu harus variatif dalam memilih menu makanan setiap harinya, agar anak tidak bosan saat proses belajar mengenal berbagai macam rasa. dan yang harus diperhatikan adalah nutrisi seimbang dari setiap sajian. usahakan ada unsur karbohidrat, protein, dan juga sayur-sayuran. Pengenalan awal makan anak saat MPASI, mempengaruhi pola makan mereka saat besar nanti. 


Dan yang tidak kalah penting jangan perkenalkan MSG dulu ya bunda! Mengkonsumsi MSG secara berlebih mampu menimbulkan efek sakit kepala, berkeringat, jantung berdebar, nyeri dada, mual dan mati rasa atau kesemutan di daerah wajah, leher dan daerah lain. untuk orang dewasa saja bisa menimbulkan efek demikian, apalagi jika dikonsumsi anak-anak?



IMUNISASI
masih banyak pro kontra diluaran sana yang membahas soal imunisasi, menyangkut kandungan yang ada dalam imunisasi tersebut. aku bukan ekspert di bidang kesehatan apalagi ahli agama. aku hanya manusiah biasah yang percaya kepada pemerintah dalam program imunisasinya. dan yang aku tau imunisasi mampu menangkal berbagai macam penyakit berbahaya dan ini sejalan dengan keinginanku sebagai orang tua yang ingin anaknya selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. menurutku, imunisasi sangat penting karena mencegah jauh lebih baik dari pada mengobati kan.


AGAMA



ibu adalah madrasah pertama anak. sebelum mereka mengenal guru, ibu mampu mengajarkan berbagai hal dasar soal keagamaan. seperti aturan atau batasan dalam berpakaian, berbicara dan bertingkahlaku yang bisa mulai diajarkan sejak dini. Karena saat besar nanti agamalah yang akan menjadi benteng dirinya dalam memilih berbagai keputusan dan tidakannya. Anak akan menyadari akan selalu adanya "PENGAWAS (Tuhan)" dalam setiap tingkah lakunya meskipun saat tidak dalam pengawasan orang tuanya.

SENTUHAN dan PELUKAN

Hal ini sudah banyak ditinggalkan oleh keluarga zaman now!
Menurut beberapa literaturkontak kulit ke kulit antara anak dengan orang tua dapat membantu si Kecil berkembang dan mengenal dirinya dengan lebih baik. Salah satu manfaatnya adalah membantu perkembangan otak dan juga mental pada si Kecil. 




menggendong ataupun mengusap tubuhnya, dapat membuat ia merasa lebih tenang dan nyaman, sehingga ikatan yang terjalin dengan si Kecil semakin meningkat. Ibu menjadi lebih sensitif dengan tanda-tanda yang diberikan oleh si Kecil dan ia pun dapat belajar untuk lebih responsif kepada Ibu. anak juga menjadi lebih percaya diri karena adanya kenyamanan secara psikis saat ada di pelukan ibu.





Selain itu, dengan rasa nyaman yang tertanam pada si Kecil, itu artinya perkembangan otaknya dapat terjadi dengan lebih optimal karena minimnya produksi hormon kortisol, hormon yang diproduksi otak ketika seseorang merasa stres. Produksi hormon kortisol yang cukup tinggi pada anak, dapat meningkatkan risiko terganggunya jaringan otak pada hippocampus atau bagian otak yang menyimpan ingatan. Akibatnya, anak berisiko mengalami hambatan dalam menjalani proses belajar.

KOMUNIKASI


komunikasi adalah hal kecil yang berarti sangat besar. komunikasi sudah bisa dilakukan ibu kepada anaknya bahkan saat sang anak masih didalam kandungan. karena saat fungsi telinga anak berfungsi untuk pertama kali, suara ibulah yang sering ia dengar saat didalam perut. itu sebabnya ibu hamil diharuskan menjaga perkataan dan perbuatannya. saat anak lahir, ibu bisa mulai melakukan "pedekatan" dengan sering ngajak ngobrol, memancing anak untuk bercerita, menimbulkan rasa nyaman dan percaya anak kepada ibunya. ini penting agar saat besar nanti, ketika ia menghadapi berbagai perasaan dan juga persoalan hidup, ia tidak lari kepada orang lain untuk bercerita. gimana jadinya kalau anak lebih percaya teman/ orang lain untuk mendengarkannya selain dengan ibu atau keluarganya? pasti ada rasa gagal menjadi ibunya. huhuu



PEKA TERHADAP KONDISI ANAK
Saat semua hal yang bisa kita lakukan sudah dilakukan dengan maksimal. Ada saja saat dimana hal yang tidak kita inginkan harus terjadi, anak sakit contohnya. Melihat anak sakit membuat kita terlalu panik. Sehingga bingung apa yang harus dilakukan secepatnya. Usia dibawah 5 tahun merupakan masa dimana penyaki demam menjadi momok menakutkan, karena jika tidak ditangani dengan cepat dan benar maka bisa menyebabkan step.
Ibu yang perhatian dengan anak harusnya paham dan peka terhadap kondisi sang anak. jika terlihat ada perubahan pada keaktifan geraknya, suhu tubuhnya atau muka yang terlihat pucat menjadi bukti bahwa sedang ada yang dirasakan dibadannya. coba untuk cek sendiri dulu seperti menanyakan apa yang terasa aneh dari badannya, lalu ukur suhu tubuhnya. Demam bukanlah jenis penyakit, tetapi demam merupakan sumber dari penyakit lainnya. Demam biasanya disebabkan kelelahan, infeksi virus, alergi atau infeksi penyakit yang lain.





Sebagai orang tua kita tidak bisa prediksikan kondisi anak selalu sehat dan fit. Untuk itu, jika berpergian keluar rumah, aku pastikan Tempra Syrup untuk selalu ada di dalam tas keperluan Kyara. Saat bayi, Kyara menggunakan Tempra Paracetamol Drop untuk usia 0-1 tahun.  karena usianya sekarang 3 tahun, sekarang ia menggunakan Tempra Syrup (untuk usia 1-6 tahun).Tempra Syrup mengandung paracetamol yang bekerja sebagai antipiretika pada pusat pengaturan suhu di otak dan analgetika dengan meningkatkan pereda rasa sakit. Tempra Syrup mampu meredakan demam, rasa sakit dan nyeri ringan, sakit  kepala dan sakit gigi ataupun demam setelah imunisasi.




Keunggulan Tempra Syrup dibandingkan dengan brand lain adalah dosisnya yang tepat, kita gak perlu khawatir anak over dosis atau kurang dosisnya, karena sudah pas dan tepat! sehingga aman banget di Lambung. saat ingin diminum juga tinggal seruput ajah! ga usah dikocok-kocok karena sudah larut 100%.



❤ Tidak ada kata terlambat untuk memberikan yang terbaik untuk anak. semoga dengan selalu berusaha memberikan yang terbaik dari kita sebagai orang tua untuk buah hati, akan berhasil mengantarkan anak menjadi pribadi yang terbaik. jika tidak melakukan hal diatas bukan berarti bunda tidak cinta dengan anak, tapi cara kita saja yang mungkin berbeda, ya kan? mungkin bunda punya cara lain untuk mencintai si kecil, share di colom coment ya, supaya kita bisa sama sama saling belajar menjadi ibu yang jauh lebih baik dari sekarang.



semoga bermanfaat.
salam senyum :)









Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Tempra.

You May Also Like

6 komentar

  1. Suka ceritanyaaa, Kyara anak hebat karena terlahir dari Mama yang hebat.
    Sehat2 ya kaliaaan :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba. amin amin!sehat juga untuk mama alfath dan alfath! :*

      Hapus
  2. Jadi seorang ibu ada suatu kebahagiaan yang tak ternilai buat saya.. Sama mba.. Saya juga perasaannya campur aduk begjtu tahu kalau hamil dulu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. ga kebeli berapapun dan dimanapun "rasa" kaya gini! :D

      Hapus
  3. tulisan ini adalah manifesto kecintaan seorang ibu yang mencintai manusia lain dari- Nya.

    BalasHapus