Pengalaman Scaling Gigi Anak Di The Smile Orthodontic & Estetic Dental Clinic BSD

September 16, 2023


Assalamualaikum,

Sudah sikat gigi dua kali sehari, apa sudah cukup bikin gigi bersih dan sehat?

Nyatanya sikat gigi memiliki keterbatasan dalam membersihkan sisa makanan dan minuman yang kita konsumsi. belum lagi masalah gigi dan mulut yang lainnya, yang tidak bisa kita terka saja penyebabnya. Untuk itu perlunya kita melakukan kontrol gigi minimal 6 bulan sekali.

 

Membersihkan Karang Gigi (Scaling)

sikat gigi hanya bisa membersihkan sisa makanan yang baru saja nyangkut di gigi, namun jika kotoran tersebut sudah tertinggal cukup lama maka Scaling jadi solusinya.

Gigi dan mulut merupakan bagian tubuh yang  penting banget untuk dijaga kebersihan dan kesehatannya. Karena ini merupakan gerbang dari berbagai makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh. Dan satu-satunya pintu keluar suara kita.

Kebayang dong kalau mulut  sedang bermasalah, seperti ada gusi bengkak atau gigi berlubang, pasti mempengaruhi kesehatan lainnya, seperti minimal bau mulut, sakit kepala dan lain sebagainya. Ih..  nggak banget kan.

Karena dulu aku sudah pernah memakai behel (kawat gigi), jadi mengunjungi dokter gigi bukan lagi jadi hal yang baru buatku.

 

Kyara Pertama Kali Scaling

Diusianya yang menginjak 9 tahun, Anak pertamaku Kyara, sedang mengalami banyak perubahan di giginya. Yang tadinya semua giginya gigi susu, beberapa sudah berganti menjadi gigi permanen.

Seperti yang kita tahu bahwa gigi permanen inilah yang akan menemani kita hingga kita mati, so aku harus lebih ekstra lagi buat jaga kesehatan gigi dan mulutnya. Akupun mau membiasakannya untuk rutin kontrol gigi ke Dokter gigi.

Tapi memilih dokter gigi apalagi untuk anak, bukan hal yang mudah. Aku nggak mau Kyara trauma karena klinik giginya nggak kids friendly, dijudesin atau tidak dilayani dengan baik sehingga dia nggak mau lagi datang untuk cek gigi ke dokter.

 

The Smile Orthodontic & Estetic Dental Clinic BSD

Akhirnya aku dapat referensi dari teman untuk Cobain Klinik Dental di Kawasan BSD Bernama The Smile Orthodontic & Estetic Dental Clinic BSD.

Lokasi The Smile Dental BSD ini cukup mudah ditemui, yaitu di Ruko Golden Madrid 2 blok F no 05, BSD.

Sebelumnya aku sudah booking appointment melalui Whatsapp. Dan dijadwalkan hari selasa pukul 10.30 siang.

Pertama kali masuk langsung disambut ramah oleh resepsionis, untuk mengisi data diri dan memilih treatment yang ingin dilakukan. Kyara melakukan treatment Scaling Floride.


Ruang tunggu nyaman dan wangi
Jika harus menunggu, tempat tunggunya pun nyaman sekali, ada sofa super empuk di samping meja resepsionis. Ada juga kaca besar buat kamu bisa selfie cantik jadi nggak bosen saat menunggu giliran.

Persiapan
Tiba waktunya giliran kita nih, kita dipersilahkan untuk mengganti alas kaki dengan sandal dari dalam lemari sepatu yang sudah disiapkan. Dan untuk yang akan di treatment diberikan baju dan penutup kepala supaya menjaga tetap higienis saat masuk ke dalam ruang perawatan.


Masuk ke dalam ruang kontrol
Kyara terlihat cukup tegang, karena ini kali pertama dia kontrol gigi. Kyara langsung diminta duduk dan di cek kondisi giginya.

Sebelum treatment dimulai, aku banyak bertanya mengenai kondisi gigi Kyara dan dokter disini super sabar menjelaskan dengan detail segala pertanyaan awam aku mengenai perawatan gigi anak.
Setelah puas berkonsultasi perihal kesehatan, gigi, gusi dan mulut lalu dilanjut deh ke treatment scaling.


Sampailah di ruang perawatan, disini pasien diberikan seperti tissu tapi lebih tebal untuk dijadikan alas (celemek) dan kacamata. Yang fungsinya untuk melindungi muka dan pakaian dari air ketika dilakukan proses scaling. Kami ditangani oleh Drg Cymilia yang super ramah, sabar dan komunikatif.

 

Dokter Ortodonti BSD


Tempatnya super bersih, wangi dan nyaman. Saat masuk ruangan langsung di sambut ramah oleh 2 perawat dan 1 dokter gigi.

Kyara diminta berbaring di kursi periksa dan mulai melihat kondisi giginya, saya juga banyak menanyakan dan berkonsultasi mengenai gigi permanen kyara yang menurut saya ukurannya lebih besar dari gigi susunya dan warnanya yang tidak seputih gigi susu. Yang tadinya saya pikir karena kesalahan dalam menyikat gigi, ternyata saya baru dapat fakta bahwa “gigi permanen lebih besar ukurannya dari gigi susu dan warna gigi permanen dari awal muncul memang lebih gelap jika dibanding dengan gigi susu yang lebih terang, jadi ga perlu khawatir”. Kata Drg. Cymilia.

Kyara mendapat perawatan Scaling Floride, scaling bisa membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, dan setelah itu diberikan cairan floride yang bisa melindungi dan memperkuat gigi dan gusi agar tidak cepat berlubang.

 

Scaling Time

Setelah berkonsultasi Panjang lebar dengan dokter, akhirnya scaling akan dimulai.sebelumnya Kyara diminta berkumur terlebih dahulu, menggunakan cairan berwarna coklat terang seperti teh. Ternyata tidak menggunakan air biasa untuk berkumur disini, tetapi menggunakan cairan seperti obat kumur. Kyara bilang rasanya segar seperti ada mintnya sedikit.

Kemudian alat scaler mulai berputar mengelilingi gigi Kyara untuk membersihkan segala kotoran yang membandel. Lalu setelah selesai, Kyara diminta berkumur lagi dan Dokter mengambil alat seperti lingkaran kecil dan mengoleskan seperti pasta gigi ke seluruh permukaan gigi. Jadi tidak hanya dibersihkan, pasien juga dibuat wangi karena seperti “disikatin giginya sama dokter” hhehe.


Pemberian Cairan Floride

Setelah bersih dan wangi, saatnya memberikan cairan floride yang fungsinya untuk menjaga & menguatkan gigi dan gusi dan mencegah gigi berlubang serta menjaga Kesehatan mulut.

Kyara diminta berkumur dengan cairan berwarna bening (floride) dalam beberapa waktu harus ditahan dimulut, agar menyebar keseluruh bagian mulut. Setelah merata barulah bisa dibuang. Kyara bilang rasanya agak pedas sedikit.

Dan selesai deh perawatan gigi Kyara. Setelah Scaling Floride saya bertanya apakah ada pantangan makanan setelah melakuakn treatment ini, ternyata nggak ada ya. Langsung bebas boleh makan apa saja, tapi diingatkan lagi untuk jaga Kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menggosok gigi minimal 2x sehari.

 

Kyara keliatan super happy nih setelah perawatan. Silahkan kunjungi instagram @britanniaic untuk lihat pengalaman Kyara ke The Smile Dental BSD. 


Biaya Scaling Floride

Biaya scaling dimulai dari Rp. 400.000 - Rp. 800.000 tergantung banyaknya karang gigi yang harus dibersihkan. 


Di Dokter ortodonti BSD ini juga bisa melakukan pembayaran menggunakan asuransi, berikut list daftar asuransi yang bekerja sama dengan The Smile:

1. Owlexa healthcare
2. BNI Life Insurance
3. Medika Plaza
4. Halodoc
5. Admedika
6. Fullerton

Kesimpulan


Tempatnya yang super bersih dan wangi bikin nyaman banget. Karena para perawat dan dokter sangat ramah dan komunikatif sehingga nggak ada suasana menegangkan.  Penanganannya juga super detail. Saya rekomendasikan banget tempat ini untuk kamu bisa kunjungi. Nggak Cuma untuk dewasa, disini juga sangat bisa ngetreat si kecil jadi nyaman untuk mau kontrol gigi.

So paket lengkap banget ya disini, tempatnya bersih dan wangi, pelayanannya nyaman, sabar dan detail, kids friendly juga lagi. saya puas sekali datang kesini. Dan selain bisa membersihkan gigi, disini juga bisa menangani soal estetik/ kecantikan gigi karena ditangani oleh dokter ortodonti. jadi kamu juga bisa melakukan pemasangan behel (kawat gigi), gigi palsu dan lain sebagainya.

6 bulan lagi harus kesini lagi nih biar gigi dan mulut tetap terjaga kesehatannya. 

Jangan lupa kontrol gigi 6 bulan sekali ya, dan selalu jaga kesehatan dan kecantikan gigi dan mulutmu dengan percayakan @thesmile.dental . :) 


Salam, 

Britannia

You Might Also Like

10 komentar

  1. Bermanfaat sekali informasinya

    BalasHapus
  2. seneng sekali kalau menemukan tempat yang nyaman buat anak melakukan perawatan gigi. Soalnya kalau udah menimbulkan trauma, bakalan jadi ribet kedepannya sih. Bakalan jadi langganan keluarga nih

    BalasHapus
  3. Thank you rekomendasinya.

    BalasHapus
  4. Nice info, thank you for sharing mom

    BalasHapus
  5. Pas bgt lagi cari referensi dokter gigi buat anakku

    BalasHapus
  6. Tempatnya keliatan bersih dan nyaman ya

    BalasHapus
  7. perawatan gigi termasuk ke anak2 karena bisa dibayangkan bila anak2 sampai sakit gigi. Orang dewasa saja terkadang tak tahan dengan rasanya sakit gigi apalagi anak2

    BalasHapus
  8. Klo ramah semua gini pasti anak ga takut ke dokter gigi lagi yaa

    BalasHapus
  9. perawatan gigi memang penting dilakukan termasuk ke anak2 karena bisa dibayangkan bila anak2 sampai sakit gigi. Orang dewasa saja terkadang tak tahan dengan rasanya sakit gigi apalagi anak2

    BalasHapus
  10. Kebetulan deket rumah aku ini di BSD ya, mau bawa anak aku jg cek gigi pertamanya

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram