MERAWAT GIGI ANAK SEJAK DINI

by - November 28, 2017

Jangan lagi menganggap anak gigis/ caries itu hal yang wajar ya. karena semua itu bisa dicegah loh. bisa banget kok punya anak dengan gigi putih, bersih dan wangi sejak dini.
aku mau share beberapa tips yang aku lakukan sendiri, dan berhasil bikin gigi anakku putih hingga saat ini, padahal usianya baru 3 tahun, tahun dimana anak biasnya sudah mengalami caries pada giginya, semoga seterusnya bisa seperti itu.. amin!:D


NIAT
niat adalah awal dari segala awal. bayangkan saja,  bayi atau balita mana yang sudah mandiri merawat giginya sendiri. mereka sangat tergantung kepada kita. oleh karena itu, orang tua, terutama mamanya lah yang harus punya niat yang besar untuk menjadikan anaknya benar-benar sehat seutuhnya.


JANGAN PERPANJANG MASA PEMAKAIAN DOT
bayi yang sejak dini sudah diperkenalkan dot/ empeng pasti akan sulit untuk melepas kebiasaan ini. banyak ibu-ibu yang merasa bahwa dot merupakan satu-satunya alat hisap bayi. padahal banyak alat yang lebh aman untuk bisa dipakai minum susu, seperti traning cup atau memakai sedotan.
mulailah untuk memperkenalkan training cup diusia satu tahun, semakin awal dia mengenal training cup dan tidak lagi menggunakan dot, semakin baik jg untuk kesehatan giginya. air susu yang keluar dari dot selalu menetes meski bayi tidak sedang ingin menghisap. Air susu tergenang dalam waktu lama akan mengakibatkan pertumbuhan plak serta bakteri merugikan yang akan merusak gigi sehingga menjadi berlubang. Gigi rentan terkena karies. Sementara itu, gigi yang berlubang rentan komplikasi infeksi dan sakit gigi juga komplikasi lainnya yang berbahaya. selain  itu, dot juga mampu berisiko merusak pertumbuhan rahang dan gigi-geligi.



AJARKAN MENGGOSOK GIGI SEJAK DINI
paling tidak setiap mandi sehari 2 kali harus dibiasakan selalu menggosok gigi.
setelah sudah rutin maka frekuensi bisa ditambah lagi yaitu saat sebelum tidur.
biasanya kendala yang dihadapi adalah anak belum bisa berkumur, air kumur biasanya masih ditelan karena belum tau cara berkumur. untuk awal, aku menggunakan air meneral untuk air kumurnya dan menggunakan pasta gigi yang kandungannya aman untuk ditelan. saat ini sudah banyak produk pasta gigi anak yang tidak ada kandungan detergennya, sehingga aman jika tertelan.
buat kegiatan menggosok gigi menjadi menyenangkan, aku biasanya melakukan gosok gigi bersama dengan anakku. dengan melihat, ia akan meniru, lalu jika sudah nyaman, hal ini akan terus ia lakukan walaupun nantinya tidak lagi dalam pantauan kita. membuat kebiasaan baik ini menjadi kebutuhan yang akan  ia lakukan dengan iklas (tanpa paksaan).


HINDARI PEMBERIAN MAKANAN YANG TERLALU MANIS
permen dan coklat adalah makanan kesukaan mereka, tapi bisa kita batasi dengan memperkenalkan jajanan lain untuk menjadi selingan makanan padat mereka, seperti biskuit, sereal atau bahkan buah. jadikan mengkonsumsi buah menjadi suatu kebiasaan untuk mereka. anak merupakan mahluk yang masih sangat bisa untuk dibentuk watak dan kebiasaannya. buah sangat baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin. carilah cemilan yang berfaedah ya mom! yang aku selalu katakan kepada Kyara saat dia minta jajan, "no mecin no candy ya!". alhamdulillah dia nurut sih sejauh ini. kalau merengek ya coba dialihkan perhatiannya dengan hal yang dia suka.

punya anak lucu dari lahir sudah biasa, tapi merawat anak balita supaya tetap terlihat lucu dan sehat itu baru luar biasa dan prestasi buat mamak, ya kan??

Semoga bisa bermanfaat ya buat semua orang tua yang juga sedang berjuang merawat, membesarkan dan membentuk anak kita, bagaimana mereka tergantung kita juga loh.. semangaattt percantik senyum mereka dengan gigi putih dan sehat!!



salam senyum :)

You May Also Like

0 komentar