Tips Merawat Rambut Keriting Pada Anak

by - Agustus 10, 2017


Mau share sedikit nih soal problematika rambut keriting. Anakku Kyara dari lahir sudah menunjukkan tanda-tanda kekeritingan pada rambutnya. hhaa. Agak kaget sih, karena aku dan suamiku punya rambut yang lurus (kriting dari gen neneknya kayanya). Sempet bingung gimana treatment untuk rambut keriting. karena memang sangat berbeda sekali dengan rambut lurus.

Rambut yang keriting lebih cepat terlihat berantakan dan lepek karena rambut tipe ini cepat sekali kusut. kerontokkan juga tidak dapat dihindari deh, apalagi kalau sisirnya gak tepat. Tapi lama kelamaan aku mulai pelajari nge-treat rambut keriting biar gak kalah cantik juga seperti rambut lurus, dengan melakuakn hal-hal berikut:

  • Pilih shampo yang lembut, kalau bisa mengandung conditioner. rambut kriting pasti sering banget kusut, conditioner yang lembut bantu rambut agar tidak terasa kasar saat keramas dan lebih mudah dirapikan saat kering nanti.
  • Keringkan rambut dengan perlahan dan dengan menggunakan handuk yang lembut. menggosok-gosokkan rambut dan handuk terlalu keras akan cepat membuat rambut rusak dan rontok.
  • Gunakan minyak/ hair lotion hair lotion biasanya mengandung ekstrak lidah buaya dan kandungan lain, yang bisa menguatkan akar rambut, menjaga kelembaban rambut dan membuat rambut siap disisir.
  • Harus cepat disisir setelah keramas aku biasanya langsung segera merapikan rambut Kyara dengan sisir. karena kalau sudah keburu setengah kering, rambut keriting akan susah diatur. akan banyak rambut yang bandel (naik-naik gitu).selain itu, rambut juga terlihat jelek seharian.
  • Biarkan rambut kering dengan sendirinya. pengering rambut akan membuat rambut keriting semakin terlihat kering, dan kasar.
  • Pilih sisir yang sesuai. jangan gunakan sisir biasa yang bentuknya datar. sisir untuk rambut kriting sebaiknya yang bentuk sikatnya jarang - jarang, lembut dan fleksibel. sisir bentuk tersebut bisa mengurangi kerontokan, tidak sakit dan lebih cepat selesai saat sisiran. pada Kyara, aku sudah nemuin sisir yang tepat. gak sakit walau dipakai saat kusut banget. sisir ini juga bisa digunakan saat rambut dalam keadaan basah maupun kering. Kyara sudah tidak pernah lagi mengalami kerontokan setelah pakai sisir ini. Kyara pakai sisir dari Wet Brush Indonesia. Harganya memang jauh lebih mahal dari sisir biasa, tapi wort it banget kok, sesuai sama kualitasnya. jenis sisir anti kusut kaya gini juga banyak diproduksi dari merk-merk lain seperti Tamia atau Tanggle brush (ini harganya jauh lebih mahal). banyak review kalau mereka punya fungsi yang sama saja, tapi aku belum pernah coba sih.




Jangan lupa juga untuk selalu membawa sisir kemanapun, karena rambut keriting rentan dengan kusut dan berantakan.
Semoga bisa membantu buat ibuk-ibuk yang juga lagi bingung untuk perawatan rambut kiting si kecil. Kita buktikan juga pada dunia, kalau rambut cantik bukan hanya bisa dimiliki orang berambut lurus. Rambut keriting juga lucuk! 

Salam Senyum,
Nia :)

You May Also Like

2 komentar

  1. wah cocok banget dengan ponakan yang rambutnya kriting,
    sayangnya ingin direbonding katanya.
    Bagaimana caranya merayu agar bangga dengan rambut keritingnya ya?

    terima kasih dan salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mba Ina.

      menurutku penting untuk tidak membeda-bedakan anak satu dengan anak lainnya, karena terkadang yang membuat anak jadi tidak percaya diri sehingga ingin merubah bagian tubuhnya karena sering dibanding-bandingkan oleh orang terdekatnya. coba disampaikan bahwa semua orang memiliki definisi cantiknya masing-masing. rebonding cuma berefek sementara tapi membuat rambut kering, bercabang dan rusak secara permanen.

      semoga membantu :)

      Hapus