Menjadi Guru untuk si Kecil Di Rumah

by - Juli 10, 2020



Sebelum musim pandemi seperti ini, setelah pulang sekolah, anak banyak habiskan waktunya di luar rumah. Mereka bermain dan belajar untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya. Namun keadaan memaksanya untuk beradaptasi. Demi menjaga kesehatan dan memutus penularan virus covid 19, kita dianjurkan untuk #DiRumahAja jika tidak ada hal mendesak yang mengharuskan kita keluar rumah.

Kondisi ini sangat menyulitkan banyak pihak, tidak terkecuali kami, orang tua. Biasanya tugas belajar mengajar kami bagi dua dengan guru di Sekolah, namun kini tugas itu harus kami ambil alih di Rumah. Sebagai mombassador SGM Eksplor, aku banyak mendapat masukan perihal pola asuh dan tumbuh kembang anak guna menghasilkan Anak Generasi Maju. 

Awalnya agak kesulitan, karena harus menyesuaikan waktu dengan pekerjaan dirumah. Setelah itu ujian selanjutnya adalah “kesabaran”, lalu mentok di “konsistensi”. Ternyata memang tidak mudah untuk konsisten dengan penuh kesabaran mengajari anak di Rumah sesuai dengan kuriklum di Sekolah.

Hal ini tidak boleh jadi hambatan untuk menjadikannya Anak Generasi Maju, harus cari cara agar kami sama-sama tidak bosan dan stres menjalankan kebiasaan baru ini. sehingga aku memposisikan diriku sebagai teman untuk anakku. Membuatnya merasa nyaman dalam proses belajar mengajar membuat materi yang disampaikan lebih cepat diserap.

Setelah kegiatan belajar SFH (School From Home) selesai, kita biasanya bermain bersama. Aku harus memilih permainan seru yang bisa dilakukan bersama dan tetap ada unsur pembelajarannya, jadi permainan kita bukan hanya senang-senang saja, tapi juga ada pembelajarannya. 

Aku suka main “Tebak Objek” bersama Kyara. Caranya, aku meminta Kyara untuk memikirkan 1 benda. Lalu aku harus menebak apa benda yang dipikirkannya dengan mengajukan beberapa pertanyaan clue agar bisa menebak dan Kyara hanya boleh menjawab “iya” atau “tidak” saja.

Seru deh, Kyara jadi banyak tambahan perbendaharaan kata dan mengasah kreatifitas berpikirnya. Masih banyak lagi pilihan permainan seru lainnya yang bisa dicoba dan bisa disesuaikan dengan usia si kecil juga loh. Cuss deh cek website https://www.generasimaju.co.id/ajak-si-kecil-aktif-bermain-bersama-kakak-dan-adik-dengan-5-permainan-anak-ini dan akun sosial media @akuanakSGM .

Membiasakan anak untuk terbiasa gaya hidup sehat di Masa New normal seperti ini memang tidak mudah, awalnya anakku masih merengek untuk main dan jajan di Luar. Tapi pelan-pelan dijelaskan dan aku berusaha membuatnya nyaman keadaan dirumah dengan memfasilitasi apa yang dia mau dan butuhkan diluar untuk ada pula dirumah, salah satunya menyediakan cemilan yang enak dan tentunya mengandung nutrisi yang baik untuknya. Aku bahkan suka melibatkannya langsung saat proses pembuaatannya di Dapur. Selain membuat kita semakin dekat, ini juga melatih rasa ingin tahu dan melatih keterampilannya.


Kemarin aku coba buat Lumpia Jagung, resepnya aku dapat dari https://www.generasimaju.co.id/resep-lumpia-jagung-sgm-eksplor di website ini banyak pilihan resep yang mudah untuk dicoba, pasti disukai anak-anak dan tentunya mengandung nutrisi yang mereka butuhkan.

Jangan lupa untuk selalu memberikan si kecil susu  2x sehari untuk penuhi nutrisi hariannya, karena bisa membantu tumbuh kembangnya agar jadi lebih kuat, cerdas dan kreatif. 



Untuk bunda yang juga sering melibatkan si kecil saat memasak sajian untuknya, bisa banget nih untuk ikut kontes UGC recipe. Caranya gampang, ikuti step dibawah ini ya:

  • Pilih resep yang bunda dan si kecil suka di https://GenerasiMaju.co.id/bermain-bersama-bunda
  • Masak dan kreasikan resep pilihan bersama dengan si kecil
  • Foto dan upload momen masak bersama si kecil di Instagram dan atau Facebook
  • Ceritakan di caption tips bunda untuk stimulasi si kecilsaat masak bersama
  • Cantumpakn hastag #ResepGenerasiMaju, tag akun @AkuAnakSGM dan mention 3 orang teman bunda.
  • Periode kompetisi mulai 22 Juni – 12 Juli 2020


Yuk masih ada waktu untuk ikutan, jangan sampai kelewatan karena 20 foto terbaik akan mendapatkan kesempatan memenangkan voucher belanja Rp. 200.000. Lumayan banget kan untuk belanja kebutuhan dapur.

Jangan lupa untuk kunjungi website www.generasimaju.co.id atau hubungi Careline SGM di nomor 0800 1 360 360 agar tidak termakan isu simpang siur terkait nutrisi dan tumbuh kembang si Kecil.




Salam senyum :)



You May Also Like

0 komentar