Agar si kecil aktif dan kreatif

by - September 29, 2020


Setiap orang tua pasti berharap anaknya dapat tumbuh dengan aktif dan kreatif. Untuk itu, perlu stimulasi yang tepat agar si kecil mampu mencapainya. Sebagai Mombassador SGM Eksplor, kami sering melibatkan website generasi maju dalam membantu proses tumbuh kembang si kecil. Disana ada pengenalan nutrisi, berbagai resep makanan, tips permainan yang tepat berdasarkan usia dan berbagai artikel lain yang akan mendukung si kecil menjadi anak generasi maju.

Salah satu artikel generasimaju.co.id yang menurut saya menarik perhatian saya, disana terdapat artikel cara mendidik anak agar kreatif dan aktif.

Dalam mendidik anak banyak dari kita sebagai orang tua, menuntut kecerdasan secara akademis saja. Sehingga banyak anak yang hanya senang bermain dianggap tidak pintar. Nyatanya hal itu tidak benar.anak aktif biasanya memiliki imajinasi yang hebat namun perkembangan teknologi dan gadget terkadang membuat kreatifitasnya tidak muncul.

Menangani anak aktif dibutuhkan kesabaran, ketelatenan dan konsistensi dari orang tua agar si kecil mampu menjadi anak aktif yang kreatif.

Berikut tips agar si kecil bisa aktif dan kreatif :

‌Jeli lihat potensi si kecil

Ketika anak aktif dalam hal panjat-panjat dan lompat-lompat, mungkin ia memiliki ketertarikan terhadap kegiatan yang bersifat gymnastik. Arahkan dengan memasukkannya ke kelompok gymnastik atau bisa juga, buat ruang khusus untuknya mengeksplor. Dengan menggunakan barang-barang seadanya di rumah, buatlah tempat bermainnya menjadi nyaman dan aman. Sehingga gerakannya bisa lebih terarah.

Jika anak suka air dan terlihat berani di pantai terbuka, bisa sering ajak anak berenang atau masukkan dia ke les khusus berenang.

‌Buat sikecil percaya pada kemampuannya sendiri

Saat si kecil berusaha melakukan hal yang tidak biasa ia lakukan sendiri, biarkanlah, sembari perhatikan keamanannya. Terkadang anak suka mengeksplor benda-benda yang ada di sekitarnya menjadi tidak sesuai fungsinya. kurangi melarang hal "unik" yang dilakukan si kecil selagi kegiatan tersebut tidak membahayakan dirinya dan lingkungan.

‌Beri apresiasi

Ketika keluarga terdekat bisa mengapresiasi "temuan" barunya, ia akan merasa dihargai dan berusaha terus melakukan hal-hal baru yang lebih baik setiap harinya.




‌Pancing ia untuk berpikir kreatif

Dengan membaca buku cerita kemudian minta dia agar mengulang cerita tersebut. Aku suka menanyakan kembali kepada anakku Kyara setelah ia membaca sebuah cerita. Apa isi dari buku tersebut? Apa yang didapat dari sana? Buat karangan cerita lain agar ia belajar berimajinasi dan cerita tersebut menjadi semakin berkembang.



Perkenalkan hal-hal baru yang ada disekitar. Coba tanya apa kegunaannya? Dan berbagai pertanyaan lain yang memancing dan membiasakannya berpikir out of the box.

 Kurangi menonton TV dan gadget

Perbanyak kegiatan yang melibatkan seluruh anggota badannya. Buat permainan menarik dan sederhana bersama keluarga. Seperti bermain peran, buat pertunjukan dan si kecil sebagai pemeran utamanya.beri ia panggung untuk mengeluarkan imajinasi yang ada di kepalanya.




Dengan memahami kita bisa mengerti,  memberi dukungan serta memberi apresiasi. Harapannya adalah dapat menjadikan si kecil aktif, kreatif dan menjadi anak generasi maju.

You May Also Like

0 komentar