WASPADAI OBESITAS PADA ANAK

by - Oktober 18, 2016





Orang tua mana yang tidak senang melihat bayinya tumbuh gemuk dan menggemaskan? Kadang hal itu pula yang dijadikan patokan bahwa bayi tersebut sehat. Namun dibalik itu, ada bahaya yang mengintai anak kita jika tidak diatur pola hidupnya  sejak dini.

Anak yang gemuk mengalami penumpukan sel  lemak dibawah kulit maupun jaringan organ. Kondisi ini yang akan mengganggu tumbuh dan geraknya, dan yang paling penting hal tersebut mengundang resiko penyakit seperti diabetes, jantung dan stroke saat besar nanti. Semua penyakit tersebut menyebabkan kematian.

Obesitas merupakan hasil dari kesalahan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Pola makan yang sulit dihindari pada zaman sekarang ini adalah makanan siap saji (fast food). Dengan banyaknya iklan si berbagai media yang menawarkan berbagai jenis makanan siap saji, membuat konsumen ingin mendapatkan dan mengkonsumsi apa yang ditawarkan media tersebut.

Makanan siap saji merupakan makanan yang dibuat dalam porsi yang besar, sehingga takaran protein dan karbo didalamnya melebihi batas yang diperbolehkan dan berpotensi  menimbun lemak. Belum lagi minuman yang biasa ditawarkan dipasaran adalah minuman bersoda. Seorang anak bisa mengonsumsi gula lebih dari yang direkomendasikan per hari hanya dengan meminum sekaleng cola, yang mengandung sembilan sendok teh gula. Potensi diabetes bisa timbul dari kasus ini.


Selain memperbaiki pola makan menjadi yang sehat dan berimbang, pola hiduppun harus sejalan. coba biasakan anak untuk aktif bermain diluar rumah.

Terkadang orang tua melarang anak bermain bebas diluar karna khawatir kotor, jatuh dan lain-lain. Padahal alaminya, anak pasti suka bergerak. anak dianjurkan bergerak aktif minimal 60 menit sehari. Bentuk aktivitas yang bisa dilakukan seperti, berjalan-jalan, bersepedah, melakukan permainan tradisional diluar rumah. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya penimbunan lemak dari makanan yang telah dikonsumsi.

Peran orang tua sangat penting untuk mendukung dan memberikan kesempatan anak bergerak aktif agar terhindar dari obesitas. Semoga semua anak- anak bunda memiliki berat badan yang ideal yaa, sehingga menjadi anak aktif yang sehat dan berkualitas. cantik atau tampan itu bonus dari badan yang sehat karena pola hidup yang benar sejak dini.


See you on my next post

KISS,


BRITANNIA 


You May Also Like

0 komentar