SIAPKAN MOMENT BERHARGA BERSAMA MONDE BOROMON COOKIES

by - Desember 19, 2018



Siapa disini #TimMamakRibet yang selalu prepare soal semua kebutuhan anak saat ingin bepergian?  Atau kalian termasuk  #TimMamakSelow yang cuek dan lihat gimana nanti aja, kalau butuh kan tinggal beli? Yang penting ada money! Hhee 

Kalau aku  termasuk  #TimMamakRibet yang suka siapin apa yang anakku butuhkan, walaupun hanya pergi seharian dan tidak menginap, aku selalu siapkan kebutuhannya selengkap mungkin. 
Diusianya yang menginjak 4 tahun ini, perkembangan anakku Kyara sangat terlihat jelas. Dia sudah sangat pintar berinteraksi dengan lingkungan sekitar, teman- teman sebayanya maupun orang yang lebih tua darinya dengan baik. dia juga sudah bisa diajak berdiskusi dan bertukar pendapat. Dan yang jelas terlihat adalah perkembangan fisiknya, Kyara yang tadinya kalem dan sangat hati- hati ketika melakukan apapun, sekarang menjadi sangat lincah, suka berlarian, berlompatan, dan melakukan hal- hal baru yang menurutnya menantang. Ini sangat wajar jika melihat usianya. Anak 4 tahun suka melakukan aktivitas yang melatih motoriknya, dengan belajar mengeksplor hal-hal baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. di usia ini, Aku biarkan dia berproses sendiri menjadi apa yang dia mau. Tugas ekstraku sebagai orang tua ya mendukung, mengarahkan, mengawasi dan memberikan penjelasan dari setiap prosesnya.

Ini yang membuatku menjadi #TimMamakRibet. aku harus pastikan Kyara selalu mendapatkan apapun yang terbaik yang ia butuhkan (bukan yang dia inginkan ya.. hhii).  setiap hari menjadi moment berharga saat bersamanya, apalagi banyak waktuku yang tidak bisa bersamanya terus, karena tugasku sebagai ibu pekerja juga. 
Jadi saat bepergian bersama harus menjadi moment berharga yang seru dan menyenangkan untuk kita. aku nggak mau kehilangan moment kebersamaan kita hanya karena kurangnya persiapanku untuknya.

ini nih 5 barang-barang wajib yang biasa aku bawa saat bepergian bersama bocah kecilku, Kyara:

1. Pakaian
kemanapun perginya, akan menjadi petualangan baginya. akan banyak adegan lari- larian, lompat-lompatan, kemudian jatuh, bangun lagi, menangis, basah- basahan, main kotor- kotoran, dll. saat anak sudah diberikan baju terbaik untuk pergi dan hal- hal tadi terjadi, hanya bisa tepuk jidat. hanya yang sudah punya anak yang mengerti ini. ya mau gimana lagi, bawa baju ganti solusinya.

2. Tissu atau sapu tangan
Jika hal diatas masih bisa atau sempat kita antisipasi, salah satunya dengan benda ini. 

3. Sisir
Ini sangat penting khususnya untuk anak berambut kriting, yang di pegang sedikit saja sudah berantakan. jadi wajib banget bawa ini.

4. Air putih dan Susu
saat aktivitasnya padat, kadang anak lupa untuk minum, untuk mencegah dehidrasi, tetap awas agar anak tidak kekurangan air yaa mak.

5. Makanan
urusan perut jangan sampai disepelekan. karena anak bisa cranky saat waktu makannya tertunda. aku biasanya kondisikan Kyara sudah makan sebelum bepergian, tapi kalau tidak sempat, atau belum jam makannya, ya aku bawa. tidak lupa juga aku siapkan makanan selingan untuknya untuk menemani aktivitasnya. 
yang perlu diperhatikan untuk pemilihan makanan selingan anak adalah komposisi yang terkandung didalamnya. pastikan yang mengandung nutrisi yang baik untuk anak. 

Diusianya yang 4 tahun, selain makanan wajib 3x sehari, dia juga butuh makanan selingan. Dulu kalau sempat, aku buat kukusan sayuran, seperti brokoli, kentang, wortel atau labu. Alhamdulillah Kyara tipe anak yang suka banget sayuran.  Tapi sekarang aku cari yang lebih simpel, yang nggak ribet, tapi tetap mengandung gizi yang cukup, yang dibutuhkan untuk tubuhnya. 


Kemarin aku baru tahu kalau monde mengeluarkan cookies khusus untuk makanan selingan anak usia 1-5 tahun, yang komposisinya bikin mamak tenang. Banyak cookies yang dijual dipasaran hanya memikirkan rasanya saja. Tapi komposisinya hanya tepung biasa saja, tapi Boromon cookies dari monde ini beda. Monde Boromon Cookies Mengandung Tepung dari sari pati kentang. Kelebihan lainnya dari Monde BoromonCookies antara lain mampu membantu melatih motorik anak karena teksturnya yang mudah meleleh saat kena air liur, sehingga mampu melatih motorik yang ada di lidah dan mulut bayi/ anak, membantunya untuk mengeksplorasi rasa, bentuk, dan tekstur.
Boromon juga gluten free, mengandung madu dan DHA. 


Bentuknya keci-kecil gemes gitu, 1 kemasan berisi 120gr (berisi 6 bungkus kecil 20 gr). 
ukuran kemasan yang kecil membuatnya mudah dibawa kemana- mana, bisa masuk kantong lagi.
Karena Kyara suka sekali, buat aku penasaran untuk mencobanya juga, ternyata rasanya enak banget. Basanya makanan sehat yang kita tahu rasanya tawar, anyep, atau bahkan tidak enak. kalau ini, rasanya enak dan mengandung nutrisi lengkap untuk anak, jadi cocok untuk masuk ke list stok yang harus dibeli untuk persediaan saat bepergian.


Pasti disini ada yang yang berpikir kalau semua itu bisa dibeli, kenapa harus repot dibawa?
Kebutuhan anak tidak bisa diprediksi loh!
yaa.. kalau waktu kita butuh barang- barang tersebut, saat  kita berada di mall atau di tempat yang menyediakan apa yang kita butuhkan. kalau butuhnya saat di jalan? di kendaraan? di kemacetan?
yaa.. kalau kita selalu ada uang untuk segera beli kebutuhan tersebut saat sudah terdesak. kalau tidak? apa mungkin kita biarkan anak dalam keadaan kotor, berantakan dan kelaparan? (ini contoh terburuknya saja yaa)

biasanya yang kita beli saat sudah terdesak tidak akan bertahan lama/ awet, karena dibeli dengan buru-buru, membuat kita mengesampingkan kualitas dan harga. Jadinya asal beli deh/ yang penting ada. padahal kita sudah punya di Rumah, kan jadi mubajir. mending uangnya untuk beli kebutuhan lain kan.

Seperti Monde Boromon yang mampu membantuku melatih gerak motorik halusnya saat merasakan teksturnya yang unik dilidah. aku juga sering melatih motorik kasar dan halus Kyara disela aktivitas bermainnya. Dengan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, jadi seperti sedang bermain saja.  kadang tidak perlu mainan mahal untuk bisa jadi bahan belajar. Aku biasanya menggunakan barang- barang yang sudah ada. Beberapa simulasi gerak motorik yang sesuai dengan usianya dan sering kami lakukan bersama, seperti:

- Latihan berbahasa
biasanya kami saling mengarang cerita, bersandiwara dan membuat skenario untuk melatih kosakatanya. Dengan ini ia juga dilatih untuk mengekspresikan diri.

- Mengancingkan bajunya sendiri lalu melepasnya dan buka tutup resleting
Usia 4 tahun harusnya sudah mampu melakukan ini sendiri/ tanpa bantuan. selain melatih gerak jarinya, hal ini juga mengajarkan kemandirian anak. biasanya aku lakukan sebelum dan sesudah mandi.

- Membentuk huruf/ angka dari barang-barang kecil yang ada.
biasanya aku menggunakan lidi, pensil/ pulpen, dll. kali ini aku sedang menggunakan bahan silikon sisa, berbentuk bulan-bulat kecil yang ada di rumah.


- mengikat tali
bisa menggunakan tali sepatu  atau tali apapun.

Nutrisi yang baik dan permainan yang sesuai dengan usianya membuat tumbuh kembang anak menjadi maksimal dan perkembangan lainnya juga akan mengikuti. jangan sampai perkembangan anak menjadi terhambat karena kurangnya nutrisi dan stimulasi dari orang tuanya yaa..

Salam Senyum :)

You May Also Like

1 komentar

  1. Baguuus. Smoga bermanfaat buat cucu2cu. Klau boleh tahu dmna bisa di beli yaaa

    BalasHapus