Jadi supermom yang aktif dan #AsikTanpaToxic

by - Agustus 31, 2018



Bukan untuk perdebatan atau tentang benar dan salah, jika pilihan untuk tetap bekerja kantoran bagi seorang wanita yang sudah memiliki anak. Meninggalkan anak selama 8 jam bukan hal yang mudah loh, dan tetap bisa jadi ibu terbaik untuk anaknya merupakan tantangan yang sangat besar untuk kami. Bagaimana kita bisa menjaga prestasi di kantor dan dirumah secara bersamaan. Ditambah profesiku sebagai Blogger, yang mengharuskanku berlama lama didepan laptop untuk menulis. Semua wanita pasti ingin menjadi ibu yang terbaik untuk anaknya. Caranya saja yang berbeda- beda. Begitu juga kerja di suatu perusahaan,  pastinya semua karyawan ingin melakukan yang terbaik dari dirinya untuk karirnya, apapun profesinya.

Jujur saja, bagi kami, ibu pekerja, pasti merasa 24 jam dalam sehari sangatlah kurang. Saat hari kerja misalnya, 8 jam sudah diambil oleh kerja di kantor, dipotong 7-8 jam untuk tidur malam. Berarti sisa kurang lebih 8 jam waktu kita untuk keluarga termasuk anak. Itupun belum dipotong waktu perjalanan dari rumah ke kantor dan sebaliknya. 
Awalnya sedih dan takut. Sedih karena akan banyak waktu dan harinya yang terlewatkan tanpa aku. takut jika anakku jadi tidak dekat denganku sebagai ibunya, aku takut dia lebih dekat dan nurut dengan nenek kakeknya, atau dengan pengasuhnya, dibanding denganku yang sudah melahirkannya. Dilema? pasti! Tapi seiring berjalannya waktu aku meyakinkan diriku dengan menciptakan hal positif dibenakku.

1. Aku pastikan aku akan tetap jadi ibu terbaik untuk anakku
2. Waktuku bukan soal kuantitas, tapi kualitas yg terbaik untuknya
3. Anakku akan bangga padaku

Dengan begitu, aku jadi lebih semangat dan ikhlas jalanin semua, karena semua yang aku lakuin ya memang hanya untuk dia! Kyaraku.  Tantangannya adalah waktu yang ada, harus digunakan seefisien mungkin. 
Banyak ibu rumah tangga yang tidak juga punya waktu berkualitas untuk anaknya, ibunya sibuk urusan rumah, dapur, dll. Dan anaknya dibiarkan main sendiri. Setiap harinya mereka merasa waktu mereka masih banyak untuk anaknya, tapi nyatanya, waktu itu terbuang begitu saja karena masing-masing sibuk dengan urusannya sendiri. Tidak ada bounding antara keduanya. Aku tidak memihak ataupun menunjuk aku atau mereka benar atau salah, semua punya pilihan untuk hidupnya. Kalau aku memilih menjadi diriku saat ini. Jadi supermom untuk keluargaku. Dan aku syukuri itu.

Sempat aku jenuh dengan ritinitas yang cukup melelahkan ini. Masalah di pekerjaan yang menguras pikiran, deadline blog yang numpuk, masalah rumah tangga yang tidak ada habisnya. Wah.. Seru deh kalau diceritakan. Semua itu membuat Waktu terasa lebih cepat dari yang seharusnya. Badan yang penuh keterbatasan ini jadi terasa lebih cepat capek. 

aku mau membagikan caraku untuk tetap maksimal dalam menjalankan peranku sebagai  seorang istri, ibu, pekerja sekaligus Blogger yang selalu aktif dan #AsikTanpaToxic :

Cerdas Mengatur Waktu
Melakukan segala sesuatu tepat waktu, membuat semua pekerjaan selesai tepat pada waktunya . Jika ada 1 saja pekerjaan yang terlewatkan atau sengaja ditunda, maka akan mengganggu pekerjaan yang lainnya. Ingat buibuk, waktu ga bisa kembali.

Fokus
Saat sedang dikantor, fokus saja dengan pekerjaan di kantor, begitu juga saat di rumah, kalau bisa sih jangan sampai pekerjaan kantor dibawa ke rumah. Kasihan dong, saat anak sudah mengharapkan kehadiran kita, malah dicuekin dan kita tetap sibuk bekerja dirumah. Bukan cuma raga kita, anak sangat butuh jiwa kita untuk bersama mereka juga.

Masak
skil memang nggak seberapa dibanding chef ternama, tapi aku sebisa mungkin sempatkan untuk memasak sebelum pergi bekerja. Aku ingin memastikan makanan yang masuk ke perut orang-orang yang aku sayang benar-benar makanan yang bergizi. No micin. 

Kurangi bermain gadget didepannya
Selain berbahaya karena paparan radiasinya, gadged juga bisa mengalihkan perhatian mereka. Anak jadi fokus ke gadget kita, membuatnya penasaran dan tertarik untuk memainkannya juga. Pasti ga mau dong anak kita kecanduan gadget? Meskipun ada banyak pengetahuan didalam gadget, namun sebaiknya jangan biarkan anak berlama-lama didepan gadget. Lebih baik buat permainan sendiri, yang membuat bounding ibu dan anak semakin erat.

Ada "lahir batin" untuknya
Saat dirumah, "beradakan dia", jangan hanya bilang kangen anak saat kerja, tapi sampai rumah sibuk dengan dirinya sendiri, anak dibiarkan main sendiri tanpa arahan. 
Bermain, belajar, bernyanyi. Aku selalu sempatkan untuk melakukan hal ini. Karena aku ingin membuat memori anakku indah sampai ia besar kelak. Hubungan ibu dan anak bukan hanya soal mendidik dan memarahi saja kan. Anak juga butuh kita sebagai teman yang "real".

Memanfaatkan hari libur
Pasti siapapun yang bekerja, senang sekali kalau melihat warna merah dikalender. Hhee . Yak! Sabtu dan minggu. Apalagi kalau ada tanggal merah tambahan.
Aku biasanya komunikasikan ke Kyara kalau sudah mendekati hari libur. Selain untuk mengajarkannya nama- nama hari, ini membuatnya bersemangat dan sangat menunggu-nunggu dan selalu senang menyambut hari libur itu tiba. Karena itu waktunya "aku menjadi miliknya sepenuhnya". Hhihii. 
Aku, suami dan Kyara biasanya sempatkan pergi bersama saat libur tiba. Tidak harus luar kota ataupun luar negeri. Hanya sekedar ke taman dan bermain bersama, anak sudah bahagia. Melakukan kegiatan bersama di hari libur membuat anak merasa bahagia dan tidak merasa disisihkan karena selalu kita tinggalkan untuk bekerja. Dia tetap akan merasa istimewa dan kita tetap bisa menciptakan memori indah untuk mereka.
hari libur juga bisa membuat hari kerja selanjutnya menjadi lebih bersemangat kan pastinya. 

Me time 
Harus banget ni! Setiap orang punya caranya sendiri untuk membahagiakan dirinya. Ada yang suka nonton drama korea, ada yang suka ke salon, ada yang ngegym, dll. Kalau me time caraku, aku biasanya nonton, ga harus ke bioskop, nonton youtube aja aku udah bahagia. Hhee. Selain buat refresh otak, Me time juga bisa memunculkan ide-ide kreatif sebagai bahan menulis aku. walaupun me time ku ini harus dilakukan dengan mengurangi jam tidur ku (saat anak sudah tidur).

Jaga Kondisi Badan
kegiatanku yang super padat menuntutku untuk bergerak cepat dan aktif. Motor aku pilih untuk membantu pengantarku melakukan segala aktifitas diluar rumah. tujuannya dari segi waktu, motor lebih cepat, bisa menembus macet, dan lebih cepat berkumpul kembali dengan orang terkasih. 
Setelah semua kegiatan sudah kita jalani dengan maksimal 24 jam selama 7 hari.

jangan sampai dicuekin. Kalau sampai drop, gagal semua deh rencana baik kita apapun itu. Untuk itu aku biasanya jaga badanku dengan memastikan semua yang masuk ke tubuhku adalah hal baik. Makanan dan minuman yang bergizi, kaya akan serat dan vitamin. Tapi kadang ya tetap saja tergoda dengan jajanan pinggir jalan yang jelas jauh dari kata higienish. Namanya juga manusia. padahal diperjalanan aku sudah pasti terpapar oleh sinar matahari yang terik, bertemu dengan banyak polusi udara dari asap rokok, kendaraan, debu dan kotoran dan menerjang beberapa titik kemacetan. efek dari gaya hidupku yang kurang sehat ini,  aku sering merasa pusing dan sering sakit.karena gaya hidup yang tidak sehat dan polusi dari udara dan lingkungan dapat membawa zat-zat tidak baikuntuk bisa masuk ke dalam tubuh.  
sejak dulu, jika badanku sudah merasa tidak enak, aku suka buat minuman yang resepnya aku dapat dari orang tuaku. Biasanya aku campur madu dan perasan lemon kemudian disedu dengan air hangat. Selain menyegarkan, minuman ini juga kaya manfaat. 



Seperti yang kita tahu, madu banyak mengandung hal baik untuk tubuh salah satunya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, madu dapat bermanfaat sebagai pencegah sel beberapa jenis sel kanker. Tidak hanya itu, fungsi lain dari antioksidan juga dapat mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke. Sebab, madu dapat melancarkan aliran darah agar tidak menggumpal dan tersumbat. Dan jika dicampur Lemon yang kaya akan vitamin C bisa memiliki khasiat sebagai berikut:


Baik untuk Kulit
- Melancarkan Pencernaan
- Meningkatkan Kesehatan Jantung
- Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
- Menghilangkan Racun Tubuh.

Dan yang buat aku senang sekali, baru - baru ini aku dapet kabar gembira, ramuan andalanku ini sudah tersedia di supermarket mana saja. Wah.. Seneng banget!  Aku jadi tidak usah repot lagi untuk cari- cari madu asli kemana-mana untuk buat ribet didapur, karena sudah ada ada yang instan, namanya Natsbee honey.


Natsbee Honey Lemon yang terbuat dari perpaduan madu dan lemon asli dibuat untuk menemani kamu menjalani aktivitas. Tidak masalah seberapa padatnya aktivitasmu, Natsbee Honey Lemon akan mengembalikan kesegaran tubuh dan menjadikannya bersih kembali.




Dengan begitu, tidak ada lagi penghalang yang menghambatku menjadi supermom yang Aktif dan bisa selalu #AsikTanpaToxic . Terimakasih Natsbee Honey Lemon . wajib nyetok di kulkas nih.


salam senyum :)

You May Also Like

0 komentar