TIPS KURUS SETELAH MELAHIRKAN

by - November 05, 2016



Penampilan merupakan hal yang sangat amat teramat penting bagi cewek. Maap lebay,tapi cewek emang rada lebay kan?hhhaa.
Apalagi soal berat badan,wihh.. bisa berantem tuh klo ada orang tanya soal timbangan badannya. Kalo aku termasuk orang yang berat badannya konsisten, tapi konsisten buat kurus. Huhuu..
Bagi seorang wanita (kecuali aku),ketakutan terberat akan berat badannya naik drastis adalah ketika hamil. Karna ada mahluk baru dalam perut kita, otomatis berat badan juga akan naik jauh dari normalnya. Ya seperti berat 2 orang saja. Dan setelah melahirkan, apalagi anak pertama, pasti banyak pertanyaan muncul dikepala, 
Akankah tubuh idealku bisa kembali seperti dulu? 
Apakah bisa menjadi ibu-ibu tanpa harus jadi gendut? 
Apakah perut yang sudah pernah hamil bisa langsing lagi? 
Semua jawabannya BISA! 
tergantung kamu, apa kamu benar benar berniat untuk kurus atau tidak.

waktu aku hamil, aku sempet naik sampai 19 Kg. Padahal pas lahiran, anakku cuma 3,4 Kg loh, bayangin aja sisa lemaknya nyebar kemana aja tuh? Sempet khawatir badanku akan jadi selayaknya ibu-ibu lainnya pada umumnya (gendut). Tapi alhamdulillah, berat badanku balik lagi, bahkan kalo boleh jujur, beratku malah jauh berkurang dari sebelum hamil.

Sebelum hamil : 55 kg
Hamil 9 bulan : 74 kg
Setelah lahiran (kira kira 6 bulan) : 49 kg
banyak banget petanyaan yang dateng ke aku soal badan kurusku ini setelah punya anak. hal ini yang mendorong aku untuk share tips ini.

Buat kamu yang mau atau sedang hamil,atau baru saja melahirkan, jangan khawatir, aku punya tips yang aku alami sendiri untuk bisa mencapai berat badan aku yang dulu. Tanpa diet dan tanpa olahraga. Cekidot!

TIPS KURUS PASKA MELAHIRKAN:

1. MELAHIRKAN SECARA NORMAL

Harus diakui, kalo melahirkan dengan cara normal itu lebih cepat pemulihannya jika dibandingkan dengan cara caesar. Kondisi perut saat baru saja melahirkan dengan cara normal, memudahkan kita untuk segera melakukan treatment untuk proses pengurusan pada perut. Seperti langsung dipakaikan korset,dan lain lain. Sedangkan jika melalui proses caesar, luka bekas bedahnya membuat proses tersebut tertunda, karena luka tesebut masih basah dan belum pulih untuk beberapa hari. Hal ini cukup membuat prosesnya lebih lama kan?

2. PAKAI BENGKUNG (STAGEN)
Bengkung adalah kain panjang yang dililit diperut oleh orang orang jaman dulu saat pakai kebaya (khususnya orang jawa). Biasa disebut stagen. Lilit stagen dimulai dari paha, naik keatas sampai perut atas dengan kencang. Hati hati saat melilitkan bengkung, karna jika tarikannya tidak simetris (kencang sebelah) akan berpengaruh pada struktur tulang kamu dan bisa terlihat saat jalan,  tulang belakang akan terlihat miring. saat memakai ini, gerakan kita memang menjadi terbatas, karena badan kita menjadi seperti robot, terlihat kaku saat bergerak.
Namun cara ini cukup efektif, karna bengkung lebih kencang jika dibandingkan dengan korset yang dijual dipasaran. Karna fungsi korset hanya untuk mengecilkan perut, sedangkan bengkung / stagen selain bisa cepat mengecilkan perut, dia juga bisa menahan rahim saat jalan (mencegah turun bero).
Rahim ibu saat hamil mengalami pembesaran, dan ketika sudah melahirkan, rahim akan mengecil kembali, dan bengkung sangat membantu proses tersebut.

3 ASI EKSKLUSIF

Memberikan ASI memerlukan niat dan konsistensi yang kuat dari seorang ibu. Tidak mudah untuk memberikan ASI eksklusif, apalagi sang ibu juga berperan sebagai wanita karier. Setelah seharian sibuk bekerja dan stok ASI di kantor, sampai dirumahpun harus mengurusi cucian dan mensterilkan botol-botol ASI, pompa ASI, dan memikirkan stok ASI untuk hari berikutnya agar kebutuhan ASI baby tercukupi saat ditinggal kerja. Hal ini sangat menguras tenaga lahir batin loh.. berassaa banget berkurangnya berkilokilo beratku karna proses ini. Lari keliling lapangan juga kalah capeknya..hhee

4. MENGURUS ANAK SENDIRI




Tidak ada yang salah dengan memiliki Baby sitter, karena bisa sangat membantu kita yang telah memiliki anak, terutama untuk baby. Tapi coba deh untuk pegang, rawat dan nikmatin proses tumbuh kembang anak kita sendiri. Jujur aja, aku juga pakai mbak yang jaga kyara hanya saat aku kerja (kadang ibu/mertua aku juga bantu), tapi saat aku pulang, kyara jadi tanggung jawab aku. Mandi, makan, main, dan kegiatan lain Kyara, aku pegang, selagi aku di rumah. Selain ini membantu proses pembakaran lemak (karna membuat kita aktif atau bahkan hyperaktif dirumah), ngurus anak membuat bounding ibu dan anak semakin erat, dan terlihat sekali jika anak menjadi tergantung dan lebih sayang kepada kita, bukan dengan orang lain.

5. SAY NO TO PIL KB DAN KB SUNTIK 
Buat kamu yang mau kurus, aku saranin sih buat hindari pilihan ini. Pilihan kontrasepsi KB ada beragam cara, ada yang melalui hormon seperti KB suntik dan PIL KB, dan ada juga yang melalui pemasangan alat (non hormonal) yaitu implan (ditanam ditangan) dan spiral (diletakkan dirahim). pilihan KB dengan cara mempengaruhi hormon tersebut, selain bisa memberhentikan produksi ASI, PIL KB dan KB Suntik juga bisa menimbulkan efek tidak nyaman kepada tubuh kita. seperti menstruasi menjadi tidak teratur, munculnya jerawat dimuka, dan penambahan berat badan. aku pilih pemasangan spiral, dengan jangka 5 tahun. jangan tanya sakit saat pemasangannya ya, huaaa.. ngilu deh pokoknya! tapi aku percaya ini paling aman dan nyaman untuk aku dan badanku.

6. MAKAN TERATUR

jujur, aku sama sekali tidak melakukan proses diet seperti menahan lapar dan olah raga, untuk menguruskan badan. aku hanya menjaga pola makan teratur setiap harinya. aku makan 3 kali sehari dengan porsi standar, sarapan, makan siang  dan makan malam. nyemil aku cukup sering apalagi saat masih memberikan ASI eksklusif (karna cepet berasa laper). banyak orang makan berlebih karna pola makan yang tidak teratur, sehingga bisa membuat penambahan berat pada badan. makan diatas jam 7 malam, selain cepat membuat badan gendut, juga tidak baik untuk kesehatan. makanan yang kita konsumsi belum sempat terbakar menjadi tenaga, karena saat malam hari tubuh kita tidak banyak bergerakan jika mendekati waktu tidur, sehingga makanan yang dikonsumsi akan menjadi lemak jahat. hal ini bepotensi melahirkan berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes, jantung, dll.
jangan lupa untuk selalu memperhatikan gizi pada makanan yang kita konsumsi agar memenuhi gizi seimbang.

semoga cara -cara diatas bermanfaat dan semoga berat badanmu kembali lagi, sehingga bisa tetap percaya diri menjalani harimu dan yang terpenting bisa tetap ideal didepan suami kita yaa...

BE HAPPY TO BE MOMMY SIST...

see you on my next post....



You May Also Like

2 komentar

  1. Aku kurus, kayaknya setelah nikah atau melahirkan pun bakalan tetap kurus.Hihihi soalnya bapak sama ibu aku kurus-kurus juga mba, keluarga dari adik bapak kakak mamah pun kurus.

    Oh, iya ibu aku waktu abis lahiran adik , suka pake stagen gitu juga loh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga yaa mba rin,bener-bener bisa tetep stabil berat badannya.. nanti pake stagen juga yaa...hhiii

      Hapus