Personal Branding Moms Hebat Lewat Blog

Februari 20, 2022

 


Saat perempuan sudah menikah dan punya anak ya sudah sempurna saja hidupnya. Ketika ingin berkarir, dilema dengan pengurusan anak, urusan rumah dan lainnya. Syukuri dan jalani saja, begitu kata tetanggaku yang sok tau.  Padahal aku sebagai perempuan juga ingin punya tempat untuk mengekspresikan diri.

Suatu hari aku diperkenalan oleh my bestie Mba Hani (Kacamatahani.com) dengan Teh Ani Berta, si perempuan Cantik yang ternyata sangat kuat dan berprestasi. Beliau adalah seorang Blogger dan Founder dari Komunitas ISB.

Setelah ikut beberapa kali workshop dan zoominar dari beliau, kemarin tanggal 16 Februari 2021 kami dipertemukan lagi di zoominar bersama Mom Academy dan membahas tentang “Personal Branding Melalui Blog”.

Sebelumnya aku memang sudah memiliki blog ini, tapi aku baru menjadikannya sebagai tempat bercerita dan juga mencari cuan. Tapi ternyata ada yang lebih penting dari itu dan ingin aku perdalam lagi setelah ini, yaitu menjadikan blog sebagai tempat untuk Personal Branding.

Kenapa sih pakai personal branding segala? Emang situ artis perlu di branding?

BIG No! Ga Cuma artis loh yang butuh di branding, ga Cuma Artis yang punya nilai (value) yang bisa dibanggakan dan layak diperkenalkan kepada masyarakat luas. Banyak hal yang bisa kita dapatkan dengan membranding personal kita khususnya melalui blog, menurut Teh Ani ada 4 nih, yaitu:

1. Devolop self potential

2. Creating apportunities

3. Achievement

4. Spread the benefit to others


Find your Niche

Yang pertama, kita bisa cari dari apa yang kita suka terlebih dahulu atau bisa juga lihat dari background pendidikan kita sebelumnya. Dari situ kita bisa gali hal apa nih yang aku sukai dan ingin aku kuasai/ dalami. Nah hal ini yang bisa diambil untuk menjadi personal branding kamu moms.

Gambar dibawah ini bisa jadi pilihan Niche blog sesuai dengan karakteristik kamu moms.



Kenapa harus melalui blog?

Dijaman digital seperti saat ini, semua orang akan lari ke internet ketika membutuhkan sesuatu. Entah cari cara melakukan sesuatu, review barang, tempat, jasa dan lain sebagainya akan mereka cari lewat gawainya.

Kenapa harus blog, karena lewat artikel blog orang bisa lebih percaya dan lebih meyakinkan. Blog terdiri dari banyak kata, foto dan video pendukung yang dapat menjadi satu komponen lengkap yang meyakinkan dalam menjalaskan suatu topik.

Bagaimana cara membangun personal branding

Menurut Teh Ani, kita harus mempunyai 5 komponen dasar dan 4 komponen pendukung untuk membangun personal branding kita.




9 Komponen tadi akan saling menunjang satu sama lain untuk membangun personal brand yang diharapkan.

Blogging For Personal Branding

Bagaimana cara kita untuk memperkenalkan karakter untuk menjadi nilai jual kita di dunia digital?

Consistent name

Konsisten dalam pemberian nama di sosial media dan juga blog. Kalau bisa semua sosial media dan blog memiliki nama yang sama agar mudah dikenali dan memudahkan orang untuk mencari saat ingin bekerjasama.

Personal profile photo

Gunakan poto pribadi untuk poto profile agar mudah dikenali, jangan menggunakan tanaman atau hewan yang disukai. Ini juga dapat membuat kita terlihat tidak profesional

Organic Follower net

Saat ini banyak sekali godaan untuk membeli follower karena jumlah follower diangap mampu mendatangkan brand untuk bekerjasama. Namun follower yang organic membuat interaksi dan feedback terhadap sosial kita terlihat natural.

Highlight the characteristics according to what is being pursued through the shared content

Menyesuaikan konten yang kita buat dan komentar-komentar kita di sosial media dengan karakter kita sendiri. Tetap jadi diri sendiri yang berkarakter.

Always adapt to trends

Tidak melulu harus mengikuti trend namun mengadaptasi apa yang sedang in perlu dilakukan agar kita tidak tertinggal dengan yang lain. Contohnya saat ini konten video lebih diminati dibanding foto, kita bisa belajar lebih untuk bisa menyampaikan konten kita dalam bentuk video.

Consistent update

Nah ini yang akan jadi PR kita semua, ketika personal branding kita mulai terbentuk, audiens kita mulai didapat, tapi tidak konsisten update, maka kita akan terlupakan dan tergantikan dengan mereka yang konsisten.


Ada Do’s and Don’t yang harus diperhatikan saat melakukan Personal Branding di Blog.

Do’s

Mastering Content

Menguasai konten yang kita bagikan.

Verification Source

Pastikan apa yang kita bagikan itu merupakan berita yang benar dengan memverifikasi konten dari sumber yang terpercaya

Insight in to ITE Low

Harus memperhatikan konten agar tidak melanggar UU ITE

Copyright Understanding

Harus menghargai hak cipta. Jika ada potongan kalimat yang harus kita ambil dari suatu artikel lain, wajib untuk menyertakan sumber websitenya, begitu juga dengan foto dan video yang kita gunakan dalam pembuatan blog.

Useful content regularly and consistently

Sebisa mungkin, konten yang kita buat harus bermanfaat untuk banyak orang.

 

Don’t

Copy paste

Originalitas itu penting ya moms, jangan sampai menjiplak karya orang lain.

Membagikan berita bohong

Ini juga sangat berbahaya karena bisa dilaporkan jika terbukti tidak benar dan merugikan pihak lain.


Aku selalu banyak dapet insight positif setiap pertemuan dengan Teh Ani ini, baik online maupun bertemu langsunh. Beliau sangat passionate di bidangnya. Sempat juga melihat prestasi beliau yang sampai keluar negeri sebagai blogger. Ia membuktikan bahwa dunia blog bukan hanya dunia maya untuk tempat curhat saja, blogging bisa jadi sumber penghasilan yang sangat bisa menjanjikan.



Nah kita bisa ambil hobi curhat kita nih sebagai perempuan untuk bisa dituangkan kedalam tulisan, tentunya yang sesuai dengan personal branding kita dan memperhatikan berbagai aturan yang aku sampaikan diatas juga ya, supaya konten kita tetap aman dan tidak bermasalah dikemudian hari.



Semoga kita bisa menemukan value terbaik dari diri kita ya moms dan membagikannya agar bisa bermanfaat bagi orang lain. Karena Sharing is Caring. Terimakasih untuk ilmu dan semangatnya ya teh Ani semoga sehat selalu dan bisa terus menyebarkan ilmu dan pengalamannya.

Terimakasih juga untuk Mom Academy yang bisa menjadi wadah untuk para moms untuk selalu belajar dan memberi semangat kami dalam mencari sisi terbaik dari dalam diri untuk terus berkembang dan berdaya.

Perempuan juga sangat bisa berkarya dan berprestasi loh walau hanya dari rumah, Teh Ani ini contoh nyatanya. Semangat yuk moms..

You Might Also Like

1 komentar

  1. Mba Nia nuhun sudah mau menuliskannya, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram