Bertahan di tengah pandemi dengan berbisnis yuk

Februari 07, 2021



Masa pandemi yang belum terlihat akan segera berakhir ini semakin meresahkan ya. Pembatasan wilayah dan aktivitas warga sebagai cara pemerintah memutus penularan virus Covid 19  malah berdampak buruk pada roda perekonomian. Semakin banyak perusahan yang tidak bisa bertahan di kondisi ini, adapun yang bertahan banyak yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) agar perusahaan tersebut bisa bertahan.

Kondisi sulit ini memaksa kita untuk harus berpikir ekstra untuk bisa lebih produktif demi bisa bertahan hidup. Tidak hanya mengandalkan gaji perbulan, karena semakin tidak menentu sampai kapan akan bisa bertahan di perusahan tersebut kan.

Untuk aku yang memang bekerja di rumah dan tidak dinaungi perusahaan, sedang berupaya untuk memulai usaha nih. Dengan memiliki usaha sendiri, kita bisa memulai memegang kendali atas penghasilan kita untuk kedepan. Selain itu, berbisnis memiliki waktu bekerja yang fleksibel. Kita bisa atur sendiri deh, kapan mau kerja dan kapan mau libur.

Tentu tidak ada yang mudah dalam memulai usaha, apalagi buat kamu yang terbiasa mendapatkan gaji bulanan dengan bekerja di suatu perusahaan. Untuk itu perlu untuk perhatikan beberapa aspek berikut ini nih sebelum kamu memulai berwirausaha.



Niat Kuat

Pertimbangkan soal apa tujuan kamu berwirausaha? Kenapa sih harus melakukan bisnis ini? Apa usaha ini layak diperjuangkan? Kalau gagal bagaimana?

Nah jika kamu sudah dapat jawaban kuat dari pertanyaan diatas, kamu bisa mulai deh. Pastikan kamu nggak cuma mau coba-coba aja tapi nggak niat. Sayangi ‘waktu’ dan ‘modalmu’. Semua usaha butuh niat (persiapan mental) yang cukup kuat ya.


Pilih jenis usaha yang kamu senangi dan kuasai

Dengan memilih jenis usaha yang kamu sudah kuasai detailnya, kamu bisa meminimalisir kegagalan, mampu mendapatkan pasar yang tepat dan tentunya lebih mudah membangunnya. Dan jikalau terjadi kegagalan, akan ada potensi untuk cepat bangkit jika bidang tersebut sangat kamu sukai.


Perhitungan modal

Besar kecilnya modal perlu diperhitungkan. Jangan sampai memenuhi modal bisnis tapi dengan cara mengambil tabungan anak, dana darurat keluarga, apalagi dana pendidikan anak. Jangan sampai jika amit-amit tidak balik modal, kamu jadi sama sekali tidak memiliki tabungan karena seluruhnya dialokasikan untuk usaha.

Pisahkan antara keperluan pribadi, tabungan tetap keluarga dan bisnis kamu ya. Jangan dicampur-campur loh.


Siap untung = siap rugi

Ini termasuk persiapan mental berwirausaha. Bersemangat memulai bisnis itu perlu, tapi apakah kamu juga akan bersemangat bangkit saat kamu tersandung atau bahkan jatuh?


Invest alat

Dari perhitungan modal tadi, kamu rinci deh apa saja yang harus kamu beli untuk menunjang bisnis kamu itu. Jika kamu memilih menjual barang, selain kualitas barang tersebut, penting juga loh untuk membuat packaging yang menarik.

Di era digital seperti sekarang ini, banyak pengusaha menjual barangnya secara online. Dan  perkembangan sosial media mengundang banyak orang untuk membuat unboxing saat membeli suatu produk. Banyak pengusaha lain mengambil kesempatan ini untuk membuat packaging produknya menjadi semenarik mungkin. Ini bisa mengundang custumer untuk memberikan review secara cuma-cuma/ tanpa dibayar karena lucu/gemas dengan pengemasan dan tentunya diiringi dengan kualitas produknya yang baik juga ya.



Aku saranin buat kamu yang ingin memulai berbisnis, invest deh di printer. Dengan memilih printer yang tepat kamu bisa dapetin kualitas gambar dan tulisan yang kamu inginkan untuk mempercantik kemasan di produk kamu. Buat produk kamu beda dari yang lain dan bikin kesan yang lebih supaya diingat sehingga mereka akan repeat order di kamu terus deh.

Kamu bisa buat kartu ucapan, stampel, logo atau cap pada kemasan/ produk kamu. Kamu buat produk kamu berbeda dari produk lain dipasaran dengan buat tredmark sendiri. Untuk itu kamu bisa invest di alat penunjang bisnis kamu dengan membeli printer yang all in one seperti  HP Color Laser Jet Pro M454DN.


HP Color Laser Jet Pro M454DN

Printer keluaran HP ini menjadi salah satu andalan dari merk HP karena teknologi terbaru yang canggih dengan harga yang lumayan terjangkau. Desainnya sederhana dan elegan banget. Dengan flip-up color touchscreen memudahkan kamu untuk melakukan pengaturan, tinggal swipes and touches aja. Bentuk yang compact membuatnya cocok ditempatkan dimana saja.



Kemampuannya untuk mencetak dokumen maupun foto bagus banget, printer multifungsi ini mampu mencetak dengan cepat dalam jumlah yang banyak sekalipun serta menghasilkan warna yang sangat cerah dan cemerlang.

Yang paling penting untuk mendukung usaha kecil dan menengah, kamu harus pilih alat yang bisa hemat energi sehingga bisa lebih efisien. Nah alat ini bisa menghemat energi hingga 11 % dibanding dengan produk printer laser serupanya dengan teknologi HP Auto – on / Auto – off.



Dilengkapi juga dengan fitur wireless sehingga lebih cepat dan mampu melakukan pencetakan dari jarak jauh dari berbagai perangkat termasuk dari mobile kamu dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada di IOS dan juga Android. Keren kan?

yuk investasikan sebagian modal kamu untuk beli alat penunjang bisnis yang bagus supaya awet dan nggak cepat rusak. alat tersebut juga harus bisa support bisnismu untuk semakin berkembang ya.


Lakukan!

Rencana, niat dan modal tidak akan jadi apa-apa jika hanya ditulis dan dipikirkan. Yuk lakukan! Mulai saat ini, mulai sekarang. Karena usaha perlu waktu dan perjuangan untuk berkembang, maka mulailah sesegera mungkin dan semoga kamu juga bisa petik usahamu dengan segera (cepat) juga nantinya.



Akupun sudah memulai berbisnis dengan menjual produk skincare dan make up, karena aku suka jadi aku lakukan dengan penuh sukacita, walaupun kecil-kecilan semoga terus berlanjut dan berkembang.

Yuk teman – teman semangat dan mulai juga ya.

Semoga yang berikhtiar dengan berusaha mencari rezeki halal di luar sana ditengah pandemi ini diberi kesehatan dan kelancaran dalam menjalankan usahanya ya. Dan semoga usahamu juga mampu menjadi berkah untukmu, keluarga dan orang sekitar kamu juga.



Salam senyum :)

You Might Also Like

1 komentar

Popular Posts

Instagram