Mencari Velue Dengan Menulis

Oktober 31, 2022

Apa yang membedakan kita dengan orang lain? 

Kadang kita fokus saja dengan hal yang terlihat, seperti fisik atau penampilan. Namun ternyata, ada hal yang lebih penting yang membuat kita menjadi lebih berharga. Yaitu Value yang kita miliki. 

Dalam 2 bulan ini aku berkesempatan mengikuti training yang diadakan oleh Mom Academy khusus untuk para pengurus dan member terpilih saja. Training ini dilakukan setiap hari selasa malam secara online Melalui zoominar.

Pada hari selasa kedua kemarin, tema materinya adalah "Finding Your Value Trough Writing"  yang disampaikan dengan rinci dan asik oleh blogger senior kece ku Teh Ani Berta
Sedikit aku akan ulas materi menarik yang disampaikan oleh Teh Ani Berta soal ini yaa. 


Mengapa kita butuh value? 
Orang yang memiliki value, tentunya akan merasa lebih percaya diri. Percaya terhadap potensi yang dimiliki dan merasa berharga karena bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. 

Bagaimana cara menemukan value

1. Kenali dirimu
Semestinya memang kita sendiri yang mengenal diri kita, tapi nyatanya banyak loh yang belum mengenal sepenuhnya karakter, kekurangan dan kelebihan diri sendiri. 

Yang bisa dilakukan untuk mengenal diri, bisa dimulai dengan membuat catatan, kamu bisa tulis SWAT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) kamu yang menurutmu sesuai dengan kepribadian. Jika sudah paham SWAT diri sendiri, bisa masuk ke tahap berikutnya yaitu boost the potential. 

2. Meningkatkan potensi diri

Setelah menulis SWAT sesuai kapasitas diri, cari apa yang menjadi kekuatanmu. Dari situ bisa mulai kuatkan potensi yang ada. Bisa dengan belajar lebih dalam melalui berbagai media seperti buku, internet dan lainnya. Bisa juga mengikuti seminar atau kelas yang berhubungan dengan minat dan potensi kita. Sekarang sudah banyak yang mengadakan berbagai seminar online ataupun offline. Bahkan sudah banyak yang tanpa biaya alias gratis. Jadi nggak bisa ada alasan sulit belajar yaa. Hhehee

3. Kontribusi
Setelah mengenal diri, mengetahui kekurangan dan meningkatkan potensi, selanjutnya kita bisa mulai berkontribusi. 

Gimana caranya? 
Mulai dari memberikan ide/gagasan, mampu mengemukakan narasi dengan public speaking ataupun tulisan dan bisa juga menjadi konsultan. 

Nah cara termudah untuk mencari value kita adalah dengan menulis
Yang membedakan tulisan satu dan lainnya adalah bagaimana tulisan kita dapat menjadi bermakna bagi orang lain? 

Membuat narasi bisa dilakukan  di banyak tempat. 
Bisa dimulai dengan menulis di diary, word, sosial media (caption) ataupun blog. 

Knowledge able (Berpengetahuan Luas) 
Membuat tulisan, jangan hanya menjadi sebuah gabungan kata dan kalimat saja. Usahakan tulisan kita mampu menjelaskan tema dengan baik, mengandung opini yang tepat, memberikan solusi dari masalah yang di munculkan, serta yang lebih luas lagi diharapkan mampu Berkontribusi, bermanfaat dan informatif. 

Bagaimana cara memulai untuk menulis? 

- Bisa dimulai dari sesuatu yang terdekat, berkaitan dengan kita, hal yang disuka dan yang dikuasai. 

- Ide segar/ fresh
Pastinya penting untuk menulis hal yang fresh dan original, maksudnya bukan dldari hasil plagiat dari karya orang lain. 


Hal penting lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan selain soal teknis dalam menunjukkan value kita adalah: 
Memiliki Attitude yg baik mampu membuat value kita terlihat mencolok. Berintegritas mampu memancarkan kewibawaan dan kejujuran (tindakan dan ucapannya selaras). Tidak mudah puas, karena Skill yang dimiliki mesti diasah dan dilatih dengan Fokus sehingga mampu mengaktualisasikan diri dengan lebih terarah. Tidak terpengaruh untuk membajak karya orang lain. Sehingga sampai di tahap comfort, Nyaman dengan karyanya. percaya diri sehingga bisa terdorong untuk lebih melebarkan pengaruh tulisannya ke skala yang lebih besar. 

Bakwan Spesial

Saya ingat kata teh Ani, beliau mengibaratkan kita sebagai gorengan bakwan. 

Jika yang dihidangkan sama saja dengan bakwan yang dijual diluaran, tidak ada hal menarik dan istimewa dari rasa, tampilan, tempat, kebersihan dan lainnya, Maka ya jumlah pembelinya akan biasa-biasa.

Namun jika bakwan tersebut memiliki value lebih, maka akan terlihat istimewa, lebih menarik dan lebih banyak peminat. 

Caranya gimana? Tawarkan value mu. Penjualnya menawarkan pelayanan yang baik, kebersihan tempat dan penjualnya terjaga, serta komposisi bakwan yang spesial (ada komposisi yang di tambahkan atau dimodifikasi, seperti di tambah udang atau ukurannya lebih besar dan contoh lainnya). Contoh diatas bisa membuat bakwan tersebut lebih menarik untuk di beli dan mungkin pembeli akan lebih rela membayar lebih untuk mendapatkan value diatas. Dan bakwan lain yang hanya menawarkan 1 value saja (cont: harga lebih terjangkau) akan terlihat biasa dan sama saja dengan lainnya. 

Menurutku Jadi unik, original, terbuka untuk selalu mau belajar dan menerima saran, mampu membuat value yang ada terus terasah dan semakin terlihat. 

Terimakasih untuk materinya teh Ani. Aku jadi belajar lagi nih untuk mengenal diri sendiri, supaya bisa menggali value aku. Aku percaya semua orang punya nilai itu tapi ga semua orang tau apa value nya. 

Bagaimana dengan kamu? Sudah dapat value nya? Yuk asah terus supaya bisa jadi versi terbaik dari diri kita. Semangat selalu yaa.. 

#MoMAMentor #ProudtobeMoMAMentor 

You Might Also Like

11 komentar

  1. Bener ya mengenal diri sendiri dulu itu penting. Karena kita tau apa value diri kita. Jadi kita juga bisa melakukan banyak hal dengan senang hati dan maksimal.

    BalasHapus
  2. Setuju bangets dengan inner journey ini, mengenal diri sendiri akan banyak hal yang didapatkan. Orang dengan value akan hidup dengan lebih terarah dan bisa lebih berhasil dibanding yang lainnya ya

    BalasHapus
  3. Mengenali diri ini jadi kunci kehidupan buat mengetahui value nya itu dimana.
    Dengan begitu bisa makin berkembang lagi

    BalasHapus
  4. VAlue ini beneran penting banget ya kak, semakin berharga tentu semakin dilirik plus menjadikan kita punya ciri khas dan unik. kalau diasah terus bakalan jadi personal branding yang keren banget dong

    BalasHapus
  5. Kalo boleh ditambahkan, menulis bisa didasari dengan 5 w 1H

    What, Who, where,why, when.. dan how

    BalasHapus
  6. Saya juga meyakini dengan kita mengenali diri sendiri kita akan tahu kekurangan dan kelebihan kita ada di mana, sehingga dengan begitu kita tahu mana yang harus diperbaiki untuk membuat diri kita semakin bervalue

    BalasHapus
  7. Seringnya kita nggak tau nilai yg ada dalam diri kita. Hingga potensi yg kita miliki terkubur bgitu saja. Penting bgt untuk mengenali diri sendiri supaya bs mengenali nilai diri sendiri

    BalasHapus
  8. Nah itu kadang orang masih belum bisa mengenal diri sendiri, jadi belum tahu juga bagaimana value-nya, setuju' banget , kalau kita bisa dan sudah menemukan value tentunya akan merasa lebih percaya diri dan merasa berharga karena bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain.

    BalasHapus
  9. Banyak dari kita yang suka lupa untuk melihat ke dalam, sibuk mencari tahu ke luar mengenai keberadaan diri sendiri, bukannya mencari ke dalam. Trus akhirnya malah ngga ketemu deh potensi terbaik diri.

    BalasHapus
  10. Sebuah kebahagiaan khusus jika tulisan kita bermanfaat untuk orang lain. Banyak dicari orang

    BalasHapus
  11. Penting banget untuk mengenali diri sendiri, supaya tau apa yg menjadi keinginan diri dan yg dapat membahagiakan hati. Dan, setiap orang pasti punya karakter masing2 dalam menulis

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram