Jumat, 10 September 2021

Sundance Film Festival: Asia 2021 sebentar lagi, yuk ikut ramaikan!



Ada kabar gembira nih untuk kamu para penikmat film dan sineas Indonesia. Tanggal 23-26 September 2021 ini, perdana akan diadakan Sundance Film Festival: Asia 2021

Festival ini merupakan kompetisi para sineas film untuk menunjukkan taringnya. Dimana pada acara tersebut, akan menampilkan 8 film pendek terbaik yang sudah melalui kurasi oleh tim program Sundance Film Festival: Asia 2021 bersama dengan XRM Media dan IDN Media.

 



Selain untuk ajang kompetisi, disana juga ada program diskusi panel yang akan mengangkat banyak topik terkait industri perfilman, dengan dihadiri para pembicara terkemuka dari komunitas film lokal dan Internasional. Para talenta perfilman di Asia Tenggara juga akan dibina melalui intensive workshop yang akan diadakan pada kesempatan yang sama.  Yey ! pasti seru banget nih.

 

Sundance Film Festival: Asia 2021 akan diadakan secara virtual, tiket digital akan tersedia mulai Rabu, 15 September 2021 dan dapat dibeli di http://sundancefilmfestivalasia.org/

 

Berikut ini 4 Film Naratif dan 4 Film Dokumenter yang terpilih untuk Festival perdana ini:



Program ini akan disiarkan secara langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) dan juga Sundance Collab, catat tanggal dan waktu siarnya ya.


Film Outlook 

Pembicara: Mira Lesmana (Pendiri Miles Film), Angga Sasongko (Pendiri Visinema Picture) dan Chan Parwez (Presiden Direkture Starvsion)

Mereka akan berbagi cerita bagaimana dapat bertahan, mulai dari masa keemasan industri film Indonesia, di era pandemi, hingga ledakan fantastis yang kemungkinan bakal terjadi paska pandemi.

*Diskusi ini akan disiarkan langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) hari Kamis, 23 September 2021 pukul 11.00 WIB


Women in Film Industri

Pembicara: Nia Dinata (Pembuat film Berbagi Suami), Gina S Noer (Penulis naskah Film Habibie Ainun), Susanti dewi (Produser Film Moammar Emka’s Jakarta Undercover), Sue Turley (SVP of XRM Media) dan Amanda Salazar (Head of Programming and Acquisitions of Argo)

Mereka akan bebagi pengalaman saat pertama kali bergabung dan bertahan di industri yang didominasi oleh laki-laki ini.

*Diskusi ini akan disiarkan langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) hari Kamis, 23 September 2021 pukul 15.00 WIB


The Directors – Festivals and the Pathway to Success

Pembicara: Joko Anwar (Perempuan Tanah Jahanam), Edwin (Pemenang penghargaan Golden Leopard: Seperti dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas) dan Yosep Anggi Noen (Hiruk Pikuk si Alkisah)

Dengan di moderatori oleh Fajar Nugros (Head of IDN Picture), mereka akan berbagi pengalaman tentang bagaimana festival dapat meampilkan hasil karya mereka ke dunia.

*Diskusi ini akan disiarkan langsung di TikTok (@SundanceFFAsia) hari Jumat, 24 September 2021 pukul 15.00 WIB





Percakapan dengan Sundance Film Festival: Asia Dokumentary Filmmakers

Pembicara: Rintu Thomas & Shusmit Ghosh (Writting With Fire), Debbie Lum (Try Harder!) dan Heidi Zwicker (Programmer senior Sundance)

Selain berbicara mengenai pembuatan film dokumenter mereka juga akan berbagi pengalaman saat membuat film, benefit yang didapat dari membuat film dengan meluncurkan karya mereka di festival online, serta saranbagi para calon filmmaker yang berfokus pada film bergenre non-fiksi.

*Diskusi ini akan disiarkan langsung di Sundance Collab hari Sabtu, 25 September 2021 pukul 11.00 WIB


Indonesian Short Filmmaking

Pembicara: Wregas Bhanuteja (Alumni Sundance Film Festival, Film Tak Ada Yang Gila Di Kota Ini), Aditya Ahmad (Film Kado) dan Producer Meiske Taurisia (Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas)

Dengan dimoderatori oleh mantan programmer Sundance Film Festival Shorts dan head of Features Perfect Storm Entertainment Ernesto Foronda. Para sutradara dan produser film pendek ini akan berbagi dan diskusi bagaimana kesuksesan film pendek dapat melahirkan karya sinematik yang futuristik.

*Diskusi ini akan disiarkan langsung di Sundance Collab hari Jumat, 17 September 2021 pukul 10.00 WIB


Short Film Competition Jury Award for best Short Film Competition 

Kompetisi ini bertujuan untuk menemukan, membina dan memberikan panggung bagi bibit-bibit baru, serta memperkenalkan mereka ke kancah global. sudah lebih dari 160 film pendek yang sudah diterima dan diseleksi. Kemudian sudah dipilih 10 finalis terbaik.

*Akan diumumkan di TikTok live streaming (@SundanceFFAsia) hari Sabtu 25 September 2021. 


Sundance Film Festival: Asia Intensive Program

Banyak komunitas regional yang ingin dijangkau melalui program ini. Pelatihan intensive akan dilakukan selama 2 hari secara virtual. Pelatihan akan dirancang secara personal dan khusus, dengan tujuan untuk menemukan bakat-bakat baru di Asia Tenggara dan menghubungkan mereka kepada para pakar di industri perfilman. Filmmaker yang telah mendaftar dan terpilih untuk mengikuti program ini adalah Lucky Kuswandi (Indonesia), Sabrina Rochelle Kalangie (Indonesia), Khozi Rizal (Indonesia), Sonny Calvento (Filipina), Kris Ong (Singapura) dan Lomorpich Rihy (Kamboja). 


Informasi Tiket

Buat kamu yang tertarik mengikuti serangkaian acara Sundance Film Festival : Asia 2021, kamu bisa beli tiket digital yang akan tersedia mulai Rabu, 15 September 2021 dan dapat dibeli melalui http://sundancefestivalasia.org/ 

Harga Tiket

  • Rp. 30.000 - Tiket Single Screening

  • Rp. 85.000 - Tiket Explorer untuk akses ke semua screening

Jangan sampai ketinggalan event seru ini ya dan juga ramaikan sosial media kamu dengan menggunakan hastag #SundanceAsia

Salam Senyum

7 komentar:

  1. Aduh seru2 banget ya acaranya. Pingin ikutan semua euy. Sebagai penggemar film, aku ngefans sama mira lesmana, angga sasongko, joko Anwar dsb. Duh, makasih banget mbak udah dibuat detail sehingga aku bisa milih mau daftar yang mana

    BalasHapus
  2. Asik bisa nonton gratis apalagi bisa lihat karya anak bangsa di Sundance film

    BalasHapus
  3. waaaaahhhhhh pengen banget nonton. Ada Nia Dinata. Tanggal 23 September ya. Baik. Duh semoga bisa keburu nontonnya nih. Pas banget kebut-kebutan ada agenda jam 1-2 nya. Pasang alarm reminder ah.

    BalasHapus
  4. Para pembicaranya pun memang orang-orang yang sudah lama berkecimpung di dunia film serta punya kredibilitas yang gak diragukan lagi ya. Fix deh,saya mau ikutan juga nih apalagi harga tiket masih terjangkau juga ya.

    BalasHapus
  5. Keren-keren nih pembicaraannya, pasti bisa dapat banyak informasi tentang perfilman negeri! Harga tiketnya juga terjangkau Yaa

    BalasHapus
  6. Kebayang nih serunya lihat festival film bergengsi.. Pengen ikutan nonton deh.. tiketnya juga termasuk murah ya...

    BalasHapus
  7. Suka banget sama film-film festival soalnya angle nya selalu unik dan berbeda. Menambah banyak insight

    BalasHapus