Isi Piringku untuk Tumbuh Kembangku

Juli 22, 2021

 

www.britanniaa.com



Aku sering deh lihat ibu-ibu menyuapi anaknya sambil si anak bermain. Biasanya isi di piringnya hanya nasi dan lauk saja. Targetnyapun hanya sebatas “anak kenyang”. Bahkan biasanya nasi yang diberikan sangatlah banyak. Pasti bunda juga suka menjumpai hal seperti itu kan? Atau mungkin bunda juga melakukan hal tersebut?

Terus apakah cukup anak hanya mendapatkan 2 komponen itu saja setiap makan?

Ternyata ada nih rekomendasi diet seimbang anak untuk sekali makan, yang disederhanakan menjadi Tumpeng Gizi Seimbang (piramida diet seimbang). Program ini diberi nama “Isi Piringku”.

Program Isi Piringku ini bekerja sama dengan para ahli, mitra dan juga pemerintah yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia khususnya anak-anak dan lingkungannya tentang pentingnya gizi seimbang sebagai aktivasi promotif-preventif stunting.

Apa itu stunting?

Stunting adalah kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek dibandingkan anak lain seusiannya.

Pertumbuhan anak tidak hanya bisa dilihat dari berat badannya saja, namun tinggi badan yang tidak sesuai juga bisa menjadi salah satu pertanda anak stunting atau pertanda anak kekurangan nutrisi.

Kenyang bukan berarti nutrisinya terpenuhi

Kenyang dan pemenuhan nutrisi adalah 2 hal yang berbeda ya bund. Coba diganti tujuan kita memberi makan si kecil, jangan hanya yang penting mereka kenyang saja. Kegiatan makan anak adalah kesempatan kita memenuhi nutrisi mereka untuk membantu tumbuh kembangnya menjadi optimal.

Pasti kita merasa menjadi ibu yang gagal jika tidak memperhatikan asupan makannya dan membuat si anak gagal tumbuh. Duh, amit-amit! Jangan sampai ya bund.

 

http://www.britanniaa.com/2021/07/isi-piringku-untuk-tumbuh-kembangku.html?m=1

Memperkenalkan anak-anak tentang gizi seimbang

Selain orang tua, anak-anak juga harus mulai dilibatkan tentang konsep gizi seimbang di era new normal ini. Sehingga diharapkan mereka memiliki kesadaran yang tinggi bahwa apa yang masuk ke perutnya sangat mempengaruhi proses tumbuh kembangnya.

Anak-anak usia dini dalam belajar mempunyai cara yang berbeda, biasanya dengan bermain. Mereka lebih tertarik untuk belajar jika hal itu dirasa menarik dan menyenangkan.

Pentingnya anak-anak memahami program “Isi Piringku” dengan karakteristik anak-anak menerima hal baru untuk belajar, dibaca dengan baik oleh SGM Eksplor dengan mengeluarkan lagu berjudul Isi Piringku.


Lagu Isi Piringku

Lagu Isi Piringku dikembangkan dan diluncurkan secara virtual pada 24 Agustus 2020, melalui Zoom dan YouTube Live. Lagu tersebut dikembangkan menggunakan jingle SGM dan mendorong asupan susu, dan sekarang menjadi bagian dari modul program.

Melalui saluran YouTube Nutrisi Untuk Bangsa video tersebut sudah ditonton oleh 36.000 pengguna sejauh ini (Mei-2021).

Dikemas dengan visualisasi animasi kartun. Irama dan lirik lagu terasa ringan. Bahasanya sederhana dan mudah dipahami. Gerakan yang ditampilkan juga mudah ditiru anak. Cara asik ajari gizi seimbang anak, tersambaikan dengan baik lewat lagu ini.

Lagu ini memotivasi anak-anak supaya makan sehat dengan cara yang menyenangkan.

 

Bunda juga bisa ajak si kecil menonton bersama-sama video ini ya untuk mengajak anak gemar makan sayur, buah, karbohidrat dan protein serta minum air putih dan susu.





bisa di lihat videonya disini ya bund ;)

 

 

Yuk kita bedah, terdiri dari apa saja sih Isi Piringku itu



Makanan pokok

Adalah pangan yang mengandung karbohidrat. Selain nasi yang sangat umum dijadikan makanan pokok di Indonesia, masih banyak jenis karbohidrat yang bisa menjadi pilihan, seperti jagung, gandum, kentang, ubi, mie, sagu, dan lain-lain.

Idealnya banyak karbohidrat yang dibutuhkan adalah 2/3 dari setengah piring. Namun bisa disesuaikan tergantung kebutuhan dan usia si kecil ya.


Lauk pauk/ protein



Terdiri dari pangan yang mengandung protein Hewani (contoh Ikan, daging sapi, ayam, bebek, dll) ataupun protein Nabati (seperti tahu, tempe, kacang-kacangan).

Jumlah yang bisa jadi acuan adalah 1/3 dari setengah piring.


Sayur-sayuran



Merupakan sumber vitamin dan mineral terutama karoten, vitamin A, Vitamin C, Zat besi dan fosfor. Sebagian juga mengandung anti oksidan yang baik unuk tubuh.

Di Indonesia banyak ragam sayur-sayuran dan sangat mudah ditemui. Cara mengkonsumsinyapun beragam, ada yang bisa dimakan langsung, maupun dimasak dahulu dengan ditumis, direbus atau dikukus.

Jumlah yang disarankan adalah 2/3 dari ½ piring.


Buah-buahan



merupakan sumber vitamin (Vit A, B, B1, B6, C), mineral dan serat pangan. Buah juga berperan sebagai anti oksidan.

Jumlah yang disarankan adalah 1/3 dari ½ piring.


Cukup minum Air putih dan susu

8 gelas air putih setiap hari bisa menjaga kesehatan tubuh dari dehidrasi. Selain itu, mengkonsumsi air dengan cukup, mampu memelihara fugsi ginjal, mengurangi resiko kanker kandung kemih, memperlancar pencernaan, perawatan kulit dan dapat mengontrol kalori.

Susu mampu memberikan tambahan nutrisi harian untuk anak.

 

Cuci tangan pakai sabun

Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dapat mencegah penyakit diare, infeksi saluran pernafasan atas hingga lebih dari 50%, menurunkan 50% insiden avian influensa, hepatitis A, kecacingan, kulit dan mata.



Dengan mengikuti rekomendasi sekali makan yang seimbang lewat lagu Isi Piringku, diharapkan semakin banyak anak Indonesia yang paham soal gizi seimbang sehingga bisa terus sehat dan cerdas.

Mengajak anak untuk gemar makan sayur, buah, karbohidrat dan protein serta minum air dan susu menjadi lebih mudah lewat jinggle dari SGM Eksplor.

Jangan lupa untuk follow akun instagram @isipiringku_id untuk mendapatkan informasi nutrisi penting lainnya. Yuk sebarkan kebaikkan ini agar menjaga nutrisi anak dengan gizi seimbang bukan hanya menjadi tanggung jawab orang tua saja. Anak juga diajarkan untuk memiliki tanggung jawab yang sama dalam memperhatikan makanan yang mereka konsumsi.

 

Salam sehat untuk seluruh anak Indonesia.


You Might Also Like

44 komentar

  1. Isi piringku emang udh tepat bgt makin semangat dengan lagunya ya

    BalasHapus
  2. Lagu isi piringku easy listening banget yah..anak2 jadi mudah mengingat isi piringku harus ada apa aja di dalamnya

    BalasHapus
  3. Lagu isi piringku ini bener2 bisa edukasi anak anak dengan cara menyenangkan ya Bun . Anakku skrg jadi sering nyanyi ini loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya anakku yg 2 tahun saja sudah bisa ikutan nyanyi hhihii

      Hapus
  4. Aku sudah denger lagunya, sangat menyenangkan musiknya, syairnya, mengajarkan banget untuk hidup sehat

    BalasHapus
  5. Ayo makan sehat, hidup sehat ❤️❤️

    BalasHapus
  6. Wah artikel ini sangat bermanfaat..
    Semoga para ibu semangat terus untuk memasak dan memenuhi gizi anak2nya..
    Aamin..

    BalasHapus
  7. sangat informatif...yukk mulai hidup sehat bukan hanya untuk si kecil tp juga untuk bunda bunda semuanya... semangat...

    BalasHapus
  8. Semoga para orang tua bisa selalu support dan memberikan yg terbaik untuk "isipiring" Si Kecil.. Aamiin

    BalasHapus
  9. Hidup sehat dimulai dari pola makan yang sehat.
    Semangat sehaaaattt💜

    BalasHapus
  10. anak tidak hanya dipaksa makan makanan sehat aja yah Bund, tapi diajak nonton dan membaca mengenai pentingnya makanan sehat. Jadi anak mengerti juga kenapa harus makan makanan yang sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, diajak untuk juga mengerti pentingnya makanan sehat untuk tubuhnya

      Hapus
  11. Mariii biasakan untuk makan makanan yg begizi & sehat,krn didalam tubuh yg sehat terdapat jiwa yg kuat. Hidup lbh happy..

    BalasHapus
  12. kereeen ada lagunya.. mudah-mudahan anak-anak jadi suka makan sayur, buah atau makanan dengan gizi yang seimbang ya. Amiinnn..

    BalasHapus
  13. Pernah dengar lagunya juga deh. Cocok ya buat ngenalin ke anak-anak tentang porsi makan yang benar. Duh, saya sendiri kadang masih belum sesuai ngasih anak dengan porsi di isi piringku itu. Kadang skip buah, kadang skip sayur, tergantung apa yang ada aja dan anak mau makan. Huhu..

    BalasHapus
  14. Lagu Isi Piringku ear catchy banget ya. Anak-anak juga jadi mudah menghafalnya.. Semoga masalah stunting bisa benar-benar punah ya dari negeri ini

    BalasHapus
  15. Isi piringan ku, lirik yg cukup menarik utk didengar anak-anak agar semangat dlm melahap makanannya.hihu

    BalasHapus
  16. Wah cara mudah untuk cepat paham nih anak-anak harus makan apa aja... menyanyikan lagu isi piringku.. makasi infonya mom❤

    BalasHapus
  17. PR banget nih buat aku yang masih baru jadi ibu. Ilmu ini pas banget buat bekal nanti kalau si bayi udah waktunya makan. Makasih bunda informasinya

    BalasHapus
  18. Penting banget jaga nutrisi anak. Gak cuma sekadar bikin anak kenyang, tapi juga buat tumbang anak

    BalasHapus
  19. penting banget ya ini biar anak juga tercukupi kebutuhan nutrisinya,btw lagunya keren juga nih

    BalasHapus
  20. Duh iya yah , aku jdi kepikiran mama aku dulu kasih makan asal kenyang aja anknya , kalau aku keadik adik memang belum se detail point diatas tapi mendekati , pemenuhan nutrisi yg baik itu penting kita sosialisasikan sejak dini ya ka

    BalasHapus
  21. Aku lagi belajar juga nih atur isi piring anakku, emang harus belajar terusss apalagi soal makanan dan gizi anak ya

    BalasHapus
  22. saat bayiku mulai mpasi , aku mulai membiasakan dia dan diriku sendiri untuk makan seimbang, dari protein, karbohidrat dan serat

    BalasHapus
  23. Duh stunting emang masalah bgt nih di Indonesia yaa, perbanyak makan makanan bergizi ah buat anak2ku, makasih remindernya mom 😊

    BalasHapus
  24. stunting emang permasalahan yang bikin ketar ketir para orang tua yaa, tapi kalo anak udah gamau makan gimana ini huhu padahal mamaknya masak lengkap

    BalasHapus
  25. Semoga kita semua para orangtua dan calon orangtua diberikan kecukupan gizi seimbang. Aamiin. Biar melahirkan generasi unggul. Aamiin

    BalasHapus
  26. Menginspirasi mom! Aku lagi berusaha belajar masak nih demi bisa memenuhi gizi anak dan ngejar target BB dr dokternya

    BalasHapus
  27. Tahun kemarin aku ikut menyaksikan launching lagu isi piringku ini.
    Semenjak itu, aku jd makin sadar dan sekarang sedikit2 mulai berbenah. Anakku kurang suka sayur, tapi sekarang pelan2 aku mulai cari cara agar anakku bisa makan sayur.

    BalasHapus
  28. wahh baru tau kalau utk anak" juga ada aturannya ya kak, informatif bangett

    BalasHapus
  29. Akupun sering menemui mba, kalau aku pribadi sudah rutin membiasakan anak makan bersama di meja makan. Selain memperkenalkan menu makanan keluarga, juga agar anak mau makan sendiri. Sedih ya yang blm paham konsep gizi seimbang

    BalasHapus
  30. Selalu memberikan makanan yg lengkap kandungan gizi bagi kesehatan dari buah, sayuran, lauk-pauk juga susu. Memang tidak mudah memberi makan pada anak², harus diakali biar menggugah seleranya

    BalasHapus
  31. Isi piring memang harus diperhatikan karena kita butuh asupan bergizi dan sehat ya. Kalo untuk anak, kudu sabar deh ya biar mau makan yg sehat bukan cuma enak.

    BalasHapus
  32. Harus dikenalkan sejak dini ya tentang Isi Piringku ini ke anak-anak, supaya mereka bisa dapat gizi yang seimbang.

    BalasHapus
  33. Gizi dalam sepiring makanan tuh penting banget ya ternyata apalagi buat anak. Tapi kalau udah dewasa ga pernah malah jarang ngitung gizi sepiring, yang penting enak dan kenyang. udah hehe.. belum lagi sm jajanan yang ga ada gizinya

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram