Berkarya Saat Ramadan Dan Pandemi

April 15, 2021

 

www.britanniaa.com

Ini kali kedua kita merasakan momen ramadan sambil berdampingan dengan musuh tak kasat mata covid 19 ya. Seperti yang kita tahu pandemi ini seperti melumpuhkan roda perekonomian kita, bahkan dunia. Banyaknya pembatasan membuat banyak orang semakin sulit mencari makan.

Ini mendorong masyarakat untuk berlomba-lomba mencari ide kreatif, menggali potensi diri dan menyesuaikan kemampuan dengan membuat karya. Salah satunya dengan mendirikan UMKM. Sifatnya yang fleksibel dan tidak mengharuskan menggunakan modal besar menjadikan UMKM cocok menjadi alternatif usaha ditengah situasi sulit seperti ini.

Tidak bisa dipungkiri, saat ramadan seperti ini UMKM yang sangat berjaya adalah di bidang kuliner. Banyak orang yang sangat mengistimewakan momen saur dan berbuka dengan membeli aneka makanan dan minuman untuk menikmati momen tersebut.

Sisi konsumtif masyarakat terhadap kuliner, bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM nih. Masyarakat masih banyak yang menikmati uang mereka dengan mendedikasikannya untuk mengisi perut dan jajan.

Geliat karya anak bangsa ketika ramadan tiba jangan membuat ciut mental loh. Justru harus bisa jadi cambukan semangat, agar bisa semakin menggali potensi untuk mampu membuat produk yang berbeda, diminati dan berkembang dengan baik.

Ketika bingung harus mulai dari mana, bidang kuliner bisa jadi awal mula karyamu nih. Kamu bisa sesuaikan modal dan kemampuan kamu dengan jenis kuliner yang akan kamu pilih.

 

Bersih

Di masa pandemi seperti ini, Sanitasi dan higienitas menjadi syarat utama seseorang saat membeli makanan dan minuman dari luar. Kamu bisa tunjukkan bahwa kamu melakukan proses pembuatan dan penyajian dengan memakai masker dan menggunakan sarung tangan.

Jika kamu berjualan online, kamu bisa tunjukkan foto atau video yang menggambarkan proses pembuatan produk tersebut menggunakan protokol kesehatan yang baik.

Inovatif

Dengan banyaknya kuliner yang ditawarkan, semakin banyak pula jenis makanan dan minuman baru yang diciptakan. Agar bisa menciptakan karya baru yang berbeda, kamu bisa coba kombinasikan kuliner yang jelas banyak peminatnya dengan bahan yang sedang trend dengan tampilan yang lebih kekinian.

Seperti baru-baru ini aku lihat ada kuliner namanya KELASI “Kelapa Isi”, dia kombinasikan buah kelapa yang merupakan minuman kecintaan orang Indonesia dengan berbagai taburan kekinian. Menyajikan batok kelapa dengan isian es krim kelapa dengan topping mochi, leci, almond dan lainnya. Ide yang keren ya.

 

Buat Menarik

Fenomena selfie atau mengabadikan foto atau video disetiap kegiatan yang dijalani bisa dijadikan pertimbangan untuk kamu bisa menyajikan packaging dan kualitas produk yang baik. Tantangannya adalah bagaimana membuat produk menjadi eye-catching sehingga mampu mengundang konsumen untuk ikut “mempromosikan” produk tersebut dengan berbagi di sosial medianya secara cuma-cuma. Jika kualitas produk baik maka review yang mereka berikan akan baik juga dan menjadi honest review yang mampu mengundang konsumen lain untuk membeli produk tersebut.

Momen

Ramadan ini kamu bisa manfaatkan dengan memilih makanan dan minuman yang sesuai untuk menemani orang saur atau berbuka. Kamu bisa tawarkan makanan dan minuman yang simple untuk langsung dinikmati, nggak ribet proses memasak dan penyajiannya.

 

Manfaatkan sosal media

Mulai dari yang gratis maupun yang berbayar bisa jadi pilihan. Jika baru memulai usaha, tentunya pilih saja yang gratis dahulu. Bisa dengan menyebarluaskannya melalui sosial media yang kita miliki ataupun grup personal messege yang kita ikuti.

Pastikan Pengiriman Cepat Dan Aman

Salah satu kesulitan usaha makanan dan minuman dari produk lain adalah masanya. Nggak mungkin mengirim makanan dalam waktu berhari-hari kan? Bisa basi di jalan deh kalau begitu.

Pastikan menggunakan ekspedisi yang terpercaya dan bisa mengantarkan produk kita dengan tepat, aman dan kualitas produknya tetap terjaga.

JNE bisa jadi pilihan kamu untuk mengantarkan produk ke tangan konsumen tercinta, tanpa perlu waswas akan keamanan dan waktu sampainya. Kita bisa pilih kapan paketmu ingin sampai ke alamat tujuan.

Jadi  kita tinggal fokus ke kualitas produk kita sendiri dan soal pengiriman serahin JNE deh. penjual tenang, konsumen senang. #BahagiaBersama

 

Bangga banget ya liat semakin banyaknya pengusaha muda yang berkarya dengan menciptakan usaha sendiri. Jika upaya dan doa yang biasa tak cukup mampu berbuah hasil, berarti harus tambah lagi nih frekuensi upaya dan doa kita. Karena segalanya butuh proses sehingga penting untuk menikmati proses tersebut dengan sabar dan semangat yang tidak boleh padam pastinya. 

Semangat para pejuang rupiah, terus berkarya dan pantang menyerah ya.

 

#JNE #JNERamadhan2021 #BlogBerkahramadhanantarkankebahagiaan #Bahagiabersama

You Might Also Like

1 komentar

  1. Kelapa isi aku baru dengar. Harus scrolling nih penampakannya. Semangat Ramadhan semangat UMKM

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram