Green Jobs, Cara Keren Untuk Selamatkan Bumi

Februari 14, 2021



Bumi kita sudah tua, banyak beban hidup dan cobaannya. Perubahan iklim ekstrim sudah sangat kita rasakan sekarang. Ini bisa karena memang faktor alam itu sendiri dan juga sumbangsih dari faktor manusianya nih yang bikin global warming menjadi nyata adanya. Kita nggak bisa pungkiri itu. Terus apa solusinya? Aku, kamu, kita, bisa apa?

Awalnya akupun bingung, “apasih yang bisa kita lakukan untuk selamatkan bumi kita ini?” Tentunya kita mau dong untuk terus memiliki generasi yang akan datang tetap bisa memiliki kehidupan yang layak dengan ekosistem yang sehat. 

Terkadang manusia hanya bisa saling tunjuk, “kamu seharusnya bla bla bla”, “ dia kok gitu sih?”, “seharusnya kamu bisa bla bla bla!” dan masih banyak pernyataan yang sering kita dengar sebagai alasan untuk saling menyalahkan keadaan saja.

Padahal kita bisa mulai dari sendiri dulu loh. Yang pertama kita harus peduli dulu nih dengan permasalahan ini, lalu kemudian cari solusi yang paling sederhana untuk bisa dilakukan sebagai langkah awal selamatkan bumi.

Kamu bisa mulai dengan hemat energi, seperti mematikan lampu/ barang elektronik lain jika sedang tidak digunakan dan mengganti lampu di rumah dengan lampu LED. Untuk mengurangi limbah plastik, kamu bisa bawa kantung belanjaan sendiri. Ketika bepergian atau membeli makanan dan minuman, gunakan alat makanmu sendiri. Ribet? Sedikit aja kok. Tapi kamu kan dapat 2 keuntungan, makanan dan minuman kamu bisa lebih hygienic plus mengurangi timbunan plastik yang sulit terurai sampai ratusan tahun lamanya. 

Dari 3 contoh aksi diatas saja, jika dapat diterapkan pada diri sendiri dan melakukannya setiap hari, lumayan mengurangi emisi dan limbah kan. Tentunya ini harus terus berkelanjutan sambil disosialisasikan kepada keluarga dan lingkungan sekitar juga. Nah, kamu mau naik level untuk melakukan aksi yang mampu selamatkan bumi? yuk kenalan dengan Green Jobs.

Green Jobs 

Green jobs menurut Koaksi Indonesia adalah pekerjaan yang mencangkup 3 aspek yaitu pekerjaan tersebut harus memenuhi ekonomi yang layak, secara sosial orang tersebut harus tercukupi (bisa mengakses esensial lainnya seperti untuk pendidikan, sandang, pangan dan papan yang cukup), dan yang terakhir harus ramah lingkungan pastinya (tidak memberi dampak buruk bagi lingkungan).



Koaksi Indonesia sebagai pendukung penyadartahuan publik tentang jenis green jobs melalui kampanye media sosial, mendukung partisipasi aktif dari komunitas dan perusahaan-perusahaan yang memiliki peluang kerja ramah lingkungan, serta mengangkat cerita dan pembelajaran dari inisiatif energi terbarukan di perkotaan dan di pedesaan agar direplikasi menjadi terobosan di daerah-daerah lain. 

Dari webinar yang saya ikuti pada tanggal 9 Februari 2021, dengan tema "Memahami Green Jobs dan peluangnya di Indonesia" membuka mata kita bahwa peluang green jobs tidak hanya seputar bidang pertanian saja dan juga tidak menghasilkan. Ternyata green jobs bisa sangat mengasilkan dan layak untuk diperjuangkan. Selain mendapatkan penghasilan untuk kehidupann yang layak, kita juga berkontribusi dalam menyelamatkan bumi. Keren kan!

Contoh Green Jobs


Anak muda di Indonesia dianggap menjadi bonus demografi negara kita. Bahwa tahun 2020 – 2035, populasi anak muda (usia produktif) menjadi populasi terbesar di Indonesia. Jangan sampai 70% orang tersebut hanya menjadi angka bahwa ada sekian orang yang menjadi pendorong ekonomi bangsa. Tapi peluangnya tidak dibuka. Biasanya anak muda mengartikan peluang sebagai tantangan.

Tantangannya adalah bangaimana membuat anak muda membangun sendiri competitive edventive kita,  salah satunya melalui energi terbarukan. Koaksi percaya bahwa energi adalah pintu masuk dari semua sektor. tentunya dengan Aksi informasi dan Aksi pendidikan.


Green economy recovery to create Green Jobs

Masa pandemi seperti ini, diperlukan sinergi dan persiapan yang optimal, juga komitmen politik yang tinggi untuk mengubah arah pemulihan ekonomi di Indonesia ke green economic recovery. salah satu caranya adalah dengan menciptakan peluang Green Jobs.

Green Jobs jika dilihat secara luas, bukan hanya menaungi bidang pertanian dan penghematan energi saja. Jika pekerjaan yang kita geluti tidak memberikan memberikan kontribusi yang baik terhadap lingkungan dan alam, maka sudah bisa disebut green jobs.

Seperti yang aku geluti sekarang ini. Pekerjaanku sebagai blogger mampu menyuarakan banyak hal ataupun mereview berbagai produk melalui platform blog atau sosial media kami. Jika pembahasan yang kami angkat mampu memberikan efek yang baik untuk lingkungan, maka pekerjaan kami ini sudah dikategorikan sebagai green jobs.



Bangun Starups

Starups menurut Verena puspawardani sebagai direktur program koaksi Indonesia adalah opurtuniti yang membuka peluang lapangan pekerjaan/ bisnis baru di Indonesia. Starups kebanyakan didirikan oleh anak muda, tantangannya adalah apakah ini adalah pintu masuk bagi gerakan anak muda baru yang mau membuat perubahan ekonomi Indonesia melalui energi terbarukan?

Dengan membangun starups kamu bisa bergerak lebih, mulai dari pemilihan jenis starups nya ataupun kegiatan didalamnya yang mampu mengusung tema Green Jobs. Kegiatan yang dimaksud seperti memakai barang-barang yang bisa dipakai berulang, memakai kertas bekas untuk print, menghemat energi saat bekerja, dan lain sebagainya.

Jika dirasa terlalu sulit utuk menciptakan starup yang termasuk green jobs, kamu bisa lihat dan gali trend starups yang mapan lalu buat starups pendukungnya.

Potensi Dari Starups 

contoh peluang energy Starups menurut Nexus


Dari potensi starups tersebut kita bisa bangun sektor pendukung yang bisa digali.

Contohnya nih, potensi bisnis mobil listirk yang diperkirakan akan berkembang sekitar 10 tahun lagi, kita bisa mulai memikirkan untuk memulai membuat starups baterai yang bisa mendukung starups yang akan besar tersebut. Jika dirasa terlalu sulit untuk membuat starups yang besar, kita bisa mulai gali starups yang sudah established tersebut dari sisi penghematannya ataupun pendukung kinerjanya.




There is no planet B, kita nggak punya planet cadangan. Kalau planet  (bumi) kita rusak karena perubahan iklim kita mau kemana? Yang harus kita lakukan sekarang dan sesegera mungkin adalah menyelamatkan planet ini.

Indonesia terdiri dari 70% laut dan 30% daratan, jika terjadi perubahan iklim yang menyebabkan air laut meluap maka akan banyak pulau di Indonesia yang akan tenggelam. ngeri nggak sih?

Selain itu, Kita tidak bisa hidup tanpa energi. Namun mengkontrol ketersediaan energi tersebut adalah tugas kita bersama. 

Yuk mulai cerdas gunakan waktu kita untuk mencari literasi sebanyak-banyaknya untuk menambah dan meng-upgrade skills-mu agar bisa melakukan pergerakan yang hebat dan out of the box. Berkecukupan serta memberikan dampak yang baik untuk lingkungan bakal bikin kamu auto keren deh pastinya. 


Salam senyum :)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Ide yg yg bagus nich aku mau coba ah

    BalasHapus
  2. Green job ini emang mesti dikampanyekan terus, biar berkembang dr sekedar kerelawanan lingkungan ya mbak di kalangan anak muda. Aku baru juga nulis ttg ini kemaren.

    BalasHapus

Popular Posts

Instagram